10 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Pada Pria dan Wanita | Jual Produk Tiens Syariah

10 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Pada Pria dan Wanita

Home » Info Seputar Penyakit Ginjal » 10 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Pada Pria dan Wanita
10 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Pada Pria dan Wanita

10 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Pada Pria dan Wanita, Ciri-ciri penyakit ginjal harus diketahui oleh masyarakat luas agar banyak masyarakat yang mengetahui jika ada penyakit ginjal dalam dirinya. Mendeteksi dini penyakit ginjal akan lebih mudah mengatasinya dibandingkan mengobati ginjal ketika kronis. Sayangnya banyak orang yang baru tahu jika dirnya terkena ginjal saat memasuki tahapan kronis. Saat sudah kronis, penyakit ginjal akan sulit disembuhkan.

Penderita ginjal di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat, pola hidup dan pola makan yang tidak terkontrol memudahkan seseorang terkena ginjal. Ginjal kronis akan menyebabkan gagal ginjal, pengobatan untuk penyakit gagal ginjal harus seumur hidup. Oleh sebab itu pencegahan lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan gagal ginjal.

Penyakit ginjal ada banyak sekali jenisnya, sayang yang diketahui masyarakat hanyalah batu ginjal dan gagal ginjal saja. Setiap penyakit yang diderita oleh manusia pasti menimbulkan gejala dan ada ciri-cirinya.

Berikut ini merupakan 10 ciri-ciri penyakit ginjal yang harus diwaspadai:

# Gatal Yang Estrim

Gejala dari penyakit batu ginjal dan gagal ginjal yang sering muncul adalah merasakan rasa gatal di seluruh tubuh atau di beberapa bagian tubu. Rasa gatal itu akan berlebihan. Berikut ini hal-hal yang berkaitan dengan rasa gatal akibat penyakit ginjal :

  • Fungsi ginjal yang sudah tidak normal akan menyebabkan gangguan ginjal.
  • Fungsi ginjal yang sudah tidak dapat berfungsi lagi mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran hasil dari sisa metabolisme tubuh.
  • Hal tersebut bisa menyebabkan rasa gatal bergitu ekstrim. Rasa gatal itu juga bukanlah gatal yang wajar seperti kena ulat. Jika gatal karena kena ulat bisa mudah hilang. Sedangkan gatal pada penyakit ginjal akan ada setiap harinya.
  • Ciri lain dari gatal karena penyakit ginjal, gatal tersebut akan mudah berdarah jika digaruk meski dengan garukan yang ringan. Sehingga pendarahan kulit bisa terjadi.
  • Rasa gatal bisa muncul di seluruh tubuh, namun pada wanita kebanyakan rasa gatal itu di bagian tangan, pergelangan tangan dan juga kaki.

# Sulit Bernafas

Ciri lain dari penyakit ginjal adalah penderita akan sulit bernafas atau merasakan sesak nafas. Penyebab penderita ginjal menjadi sulit bernafas dikarenakan penumpukan cairan di dalam tubuh. Ginjal memiliki fungsi untuk membuang cairan sisa metabolisme berupa urin. Karena fungsinya terganggu, cairan hasil sisa metabolisme tersebut tidak keluar semuanya sehingga cairan itu akan menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan cairan di paru-paru itulah yang membuat penderita ginjal sulit bernafas. Seharusnya organ paru-paru berisi udara, namun pada penderita ginjal paru-paru justru berisi cairan sisa metabolisme. Jika cairan memenuhi rongga paru-paru akibatnya penderita ginjal akan mengalami sesak nafas yang akut.

# Anemia

Paru-paru adalah organ yang membutuhkan oksigen. Jika pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh berkurang gara-gara kinerja paru-paru yang terganggu bisa membuat penderita ginjal mengalami anemia. Sel darah merah akan berkurang sebab pasokan oksigen yang sedikit di dalam tubuh. (baca juga : Penyebab Anemia & Bahaya anemia)

# Memiliki Nafas Pendek-Pendek

Pada manusia normal menghirup udara dan mengeluarkan udara di dalam tubuhnya bisa dengan jangka waktu sekitar 3 detik. Namun pada penderita ginjal, menghirup udara dan mengelurakan udara membutuhkan waktu kurang dari 3 detik sehingga dia cenderung memiliki nafas yang pendek-pendek.

# Pusing

Jika anda mudah pusing bisa jadi anda sedang terkena anemia, anemia merupakan salah satu tanda penyakit ginjal meski tidak semua anemia berujung pada penyakit ginjal. Namun anda perlu waspada jika anda menderita anemia dan merasakan gejala penyakit ginjal lainnya. Pusing tersebut disebabkan oleh kurangnya oksigen yang mengalir ke otak. Oksigen yang kurang juga membuat sel darah merah sedikit. Jika sel darah merah di kepala atau otak sedikit akibatnya penderita ginjal akan merasakan pusing yang tak kunjung sembuh. (baca : Kepala sering pusing & Kepala sering terasa berat)

# Cepat Lelah

Kurang sel darah merah dan oksigen di dalam tubuh akan membuat penderita ginjal mudah lelah. Alasannya adalah oksigen sangat diperlukan oleh tubuh dalam pemecahan makanan menjadi energi. Jika oksigen yang ada di dalam tubuh sedikit akibatnya adalah makanan yang dipecahkan menjadi energi pun hanya sedikit. Kekurangan energi di dalam tubuh bisa menyebabkan penderita ginjal menjadi mudah lelah dan lemas.

# Pucat

Produksi sel darah merah yang sedikit di dalam tubuh bisa menyebabkan memiliki kulit tubuh yang pucat. Coba lihat telapak tangan anda, apakah telapak tangan anda berwarna pucat atau kemerah-merahan. Jika telapak tangan anda pucat bisa jadi anda sedang terkena anemia.

# Menggigil

Orang yang menderita penyakit ginjal akan merasakan kedinginan kemudian menggigil. Jika anda merasakan hal seperti itu padahal cuaca sedang tidak dingin bisa jadi anda terkena batu ginjal. Orang yang terkena penyakit gangguan ginjal akan terkena anemia, anemia itulah yang menyebabkan penderita ginjal akan merasakan kedinginan.

# Tidak Bisa Konsentrasi

Pada penderita ginjal akan sulit sekali untuk konsentrasi. Bahkan untuk waktu yang sebentar saja dia tidak bisa untuk konsentrasi. Sulit konsentrasi itu disebabkan oleh anemia yang diderita oleh penderita ginjal. Asupan oksigen yang tidak cukup atau sedikit dan juga sedikitnya sel darah merah di otak membuat penderita penyakit ginjal sulit untuk melakukan konsentrasi.

# Sering Kehilangan Keseimbangan

Rasa pusing yang sering dialami oleh penderita ginjal menyebabkan dirinya tidak bisa menjaga keseimbangan. Untuk berjalan dan beranjak dari tempat tidur orang yang menderita penyakit ginjal akan sering sekali terjatuh.

Demikian 10 Ciri-ciri Penyakit Ginjal, semoga bermanfaat untuk kita mengetahui dan mencegah datangnya penyakit tersebut.
Dari Tiens, untuk menjaga kesehatan ginjal kami menyarankan untuk konsumsi muncord capsules. Muncord atau Cordycep Mycellium berasa hambar bersifat hangat, berfungsi sama seperti gingseng, meningkatkan energy baik untuk paru-paru maupun ginjal.

10 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Pada Pria dan Wanita

Muncord Capsules, Berkhasiat untuk memperbaiki, menyehatkan, mengembalikan fungsi organ ginjal, dan membantu mengeluarkan batu ginjal. Bagi anda yang memiliki gangguan pada ginjal kami sangat sarankan untuk menggunakan produk ini.

Informasi Detail Tentang Muncord Capsules Tiens :

Informasi Seputar Ginjal lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: