20 Gejala Anemia atau Tanda Tanda Kekurangan Darah | Jual Produk Tiens Syariah

20 Gejala Anemia atau Tanda Tanda Kekurangan Darah

Home » Info Anemia » 20 Gejala Anemia atau Tanda Tanda Kekurangan Darah
Gejala atau Tanda Tanda Anemia Kurang Darah

Apa Saja Gejala Anemia ? Anemia atau kurang darah bisa terjadi pada siapa saja, khususnya jika zat hemoglobin dalam sel darah merah seseorang kurang. Hal ini karena penyebabnya juga bisa dari berbagai faktor yaitu faktor genetik, penyakit tertentu, stress, kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, kekurangan asam folat, pendarahan, dan sebagainya.

Namun, masih banyak yang belum benar-benar mengetahui apa saja tanda tanda kurang darah / anemia tersebut. Sehingga, saat mengalaminya, tindakan penanganannya menjadi kurang tepat. Apa saja gejala anemia tersebut?

Gejala atau Tanda Tanda Anemia / Kurang Darah

1.Pusing. Gejala pusing atau sakit kepala adalah gejala yang paling terasa saat mengalami anemia. Hal ini karena saat seseorang mengalami anemia, otak mengalami kekurangan oksigen.

2.Wajah Pucat (Khususnya Kelopak Mata Bawah). Kulit atau wajah pucat dan mata tampak cekung adalah gejala yang sering terlihat pada penderita anemia. Anemia bisa dideteksi dengan memperhatikan kelopak mata bawah bagian dalam. Jika berwarna putih/pucat, kemungkinan Anda menderita anemia.

3.Sering Merasa Lelah. Pada anemia, rendahnya sel darah merah menyebabkan tingkat oksidasi dalam tubuh ikut berkurang. Akibatnya, tubuh menjadi sangat kekurangan energi dan sering merasa lelah atau kelelahan.

4.Mual. Mual atau morning sickness tidak hanya terjadi pada wanita yang sedang hamil. Namun, penderita anemia juga mengalami gejala serupa. Penderita anemia biasa mengalami mual segera setelah bangun tidur di pagi hari. Dan ini bisa terjadi baik pada penderita anemia pria maupun wanita.

5.Sesak Napas. Jumlah sel darah yang rendah menyebabkan menurunnya kadar oksigen dalam tubuh penderita anemia. Sehingga, penderita anemia sering merasa susah bernapas/sesak saat sedang menjalankan aktivitasnya. Bahkan pada kasus yang lebih berat, penderita bisa mengalami angina/nyeri dada.

6.Detak Jantung Cepat dan Tidak Teratur. Detak jantung yang tidak teratur, meningkat, atau tidak normal terjadi saat anemia. Hal ini karena tubuh kekurangan pasokan oksigen. Tubuh yang kekurangan oksigen akan menyebabkan kerja jantung menjadi terganggu. Inilah yang memicu ketidaknormalan detak jantung.

7.Kekebalan Tubuh Menurun. Pada penderita anemia, tubuh menjadi sangat kekurangan energi. Energi yang berkurang tersebut mengakibatkan menurunnya kemampuan tubuh untuk melawan serangan penyakit. Akibatnya, tubuh penderita anemia menjadi lebih mudah sakit dibanding kondisi normalnya atau pada saat sehat.

8.Ujung Jari Pucat/Putih. Cara mudah untuk mendeteksi anemia/kurang darah adalah dengan menekan ujung jari Anda. Jika pada keadaan sehat, saat ditekan, ujung jari akan berubah memerah. Namun, saat menderita anemia, ujung jari yang ditekan akan berubah menjadi pucat/putih.

9.Rambut Rapuh atau Terjadi Kerontokan Rambut. Saat menderita anemia, kulit kepala kurang mendapatkan makanan dari tubuh. Sehingga, rambut menjadi rapuh dan rentan terjadi kerontokan rambut. Rambut penderita anemia menjadi mudah menipis.

10.Telapak Tangan Pucat. Pada orang yang sehat, telapak tangan akan tampak kemerahan dan sehat. Namun pada penderita anemia, telapak tangan tampak pucat sebagai gejala kekurangan darah.

11.Konsentrasi Menurun. Konsentrasi yang menurun dan sering pikun adalah salah satu gejala anemia. Pada orang dewasa, hal ini bisa mengganggu aktivitas dan konsentrasi kerja sehari-hari. Pada anak-anak, hal ini akan menurunkan kecerdasannya. Sehingga berpengaruh pada prestasi anak di sekolah.

12.Tidak nafsu makan. Penderita anemia dapat kehilangan nafsu makan. Hal ini tentunya berbahaya, karena pasokan energi untuk tubuh yang sudah sangat kurang saat mengalami anemia, menjadi semakin berkurang.

13.Menjadi sangat sensitif dan mudah depresi. Penderita anemia menjadi mudah marah dan tersinggung. Energi tubuh yang rendah dan otak yang kekurangan oksigen adalah penyebabnya. Penderita anemia menjadi sangat sensitif bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun.
Selain itu, penderita anemia menjadi mudah jatuh ke dalam depresi. Pada saat gejala ini terjadi, dukungan dan pengertian dari orang-orang terdekat sangat dibutuhkan penderita anemia.

14. Kaki dan tangan terasa dingin dan sering kram.

15. Siklus Menstruasi yang tidak tentu, terlambat, atau berhenti.

16. Rasa panas di lidah dan kekeringan di mulut dan tenggorokan
Anemia bisa disebabkan karena kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi menimbulkan gejala panas pada lidah, serta kekeringan pada mulut dan tenggorokan.

17. Kuku rapuh dan membengkok (berbentuk seperti sendok)

18. Terjadi kesulitan dalam penyembuhan luka/penyembuhan luka menjadi lambat

19. Insomnia atau Susah Tidur

20. Mendadak lemas, pingsan, atau tidak sadar

Dari daftar uraian gejala anemia di atas, terlihat bahwa gejala anemia bisa berkembang dari ringan (Misal 5 L : Lemah, Letih, Lesu, Lelah, Lalai) hingga berat. Pada Ibu yang sedang hamil, anemia bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan janinnya. Pada Ibu yang sedang melahirkan, anemia bisa meningkatkan resiko pendarahan hebat. Hal ini tentunya berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Untuk itu, perlu dilakukan tindakan penanganan yang lebih dini, dimulai dari ketika tanda tanda atau gejala anemia yang ringan terlihat/dirasakan.

Untuk membantu mengatasi Anemia, dari Tiens kami menyarankan untuk konsumsi produk zinc capsules. Zinc capsules kaya akan zat besi yang bersumber dari bahan alami dan sangat bagus untuk penderita anemia. Seperti yang kita ketahui, anemia atau kekurangan darah penyebab utamanya adalah kekurangan zat besi. Oleh sebab itu, agar penyakit ini tidak kambuh lagi maka tubuh memerlukan asupan nutrisi zinc capsules dari Tiens. Produk zinc capsules dari Tiens telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan Halal MUI. Produk ini bukan obat melainkan suplemen dan tidak memiliki efek samping karena terbuat dari bahan alami. Untuk info lebih detail silakan hubungi kami di 08-1950-1950-2 atau Line: @JualProdukTiensCom.

Gejala atau Tanda Tanda Anemia Kurang Darah

Zinc Capsules Untuk Penderita Anemia

Informasi detail zinc capsules silakan klik link dibawah ini :

Leave a Reply

%d bloggers like this: