5 Fakta Tentang Virus HPV Yang Mesti Anda Ketahui | Jual Produk Tiens Syariah

5 Fakta Tentang Virus HPV Yang Mesti Anda Ketahui

Home » Kanker Serviks » 5 Fakta Tentang Virus HPV Yang Mesti Anda Ketahui
Fakta Tentang Virus HPV

Virus HPV merupakan virus yang menyerang organ kelamin. Banyak penyakit yang disebabkan oleh virus mematikan ini. Berikut 5 fakta tentang virus HPV

#1. Virus utama penyebab kanker serviks

Sebanyak 99,7 % kasus kanker serviks disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV) onkogenik tipe risiko tinggi. Wanita yang melakuukan hubungan seksual pertama pada usia muda (16-21 tahun) beresiko tinggi terinfeksi virus HPV. Adanya infeksi virus HPV onkogenik tipe risiko tinggi yang menetap perlu mendapat perhatian sebagai penyebab kanker serviks.

#2. Dapat menyerang laki-laki

Meskipun HPV merupakan penyebab kanker serviks, namun pria juga bisa tertular virus ini jika berhubungan seks atau melakukan oral seks. Banyak pria dan wanita yang tidak sadar ketika mereka telah terserang HPV. Apabila wanita yang tertular HPV membuatnya terjangkit kanker serviks, maka pria dengan HPV bisa terserang kanker pada penis, anus, atau bahkan kerongkongan.

#3. Dapat ditularkan lewat kulit

Selain ditularkan lewat aktifitas seksual baik oral maupun anal. Virus HPV yang menyebabkan tumbuhnya kanker serviks ini dapat ditularkan hanya dengan sentuhan kulit. Salah satu tempat yang sering menjadi tempat penularan HPV adalah WC umum. Jadi disarankan bagi anda, para wanita yang menggunakan WC umum agar berhati-hati dan membersihkan organ vitalnya dengan air yang mengalir hingga benar-benar bersih.

#4. Dapat dicegah dengan vaksin

Salah satu upaya pencegahan virus HPV adalah vaksin. Ada jenis vaksin yang bisa melawan virus HPV, dimana dosis paling efektif diberikan kepada anak laki-laki dan perempuan berusia 11 atau 12 tahun, kemudian wanita di usia 26 tahun dan pria di usia 21 tahun. Biaya vaksin ini sekitar 3 juta rupiah. Dosis terbaik vaksin HPV adalah tiga kali sebelum seseorang melakukan hubungan seks. Virus HPV dapat dicegah dnegan vaksin merupakan salah satu dari 5 fakta tentang virus HPV yang harus diperhatikan.

#5. Pembunuh diam

Virus HPV yang menyebabkan kematian banyak orang karena kanker serviks ini bersifat silent killer atau pembunuh diam. Sekitar 70-95% persen kasus kanker serviks akibat virus HPV berujung kematian karena terlambat di deteksi. Virus HPV telah menyerang 20 juta warga Amerika. Sementara itu, HPV juga menyerang 6 juta orang setiap tahunnya. Rajin lah mendeteksi virus HPV secara dini dengan cara pap smear.

5 fakta tentang virus HPV diatas dapat menjadi perhatian bahwa virus HPV sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker serviks pada wanita dan kanker anus pada pria. Gaya hidup sehat dan rajin pap smear dapat mencegah tertularnya virus HPV pada diri kita.

Informasi lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: