Akibat Kekurangan Kalsium Pada Ibu Hamil | Jual Produk Tiens Syariah

Akibat Kekurangan Kalsium Pada Ibu Hamil

Home » Nutrisi Ibu Hamil » Akibat Kekurangan Kalsium Pada Ibu Hamil
akibat kekurangan kalsium ibu hamil

The National Academy of Sciences dan National Osteoporosis Foundation di Amerika Serikat menyarankan ibu hamil dan menyusui harus mengonsumsi lebih banyak kalsium. Setidaknya 1500 mg/hari dan ini lebih banyak ketimbang kebutuhan kalsium pada manusia biasa yang hanya 1.000 mg per hari. Ibu yang tidak mengonsumsi cukup kalsium dari makanan memerlukan suplemen kalsium tambahan. Selain itu, bunda juga harus tahu cara memaksimalkan penyerapan kalsium.

Untuk mengetahui suplemen kalsium terbaik untuk ibu hamil, silakan klik link dibawah ini :

Akibat Kekurangan Kalsium Pada Ibu Hamil

Konsumsi kalsium yang tepat membantu penyerapan kalsium secara maksimal. Bunda harus mengonsumsi dalam porsi yang dibutuhkan dalam sehari. Kebutuhan itu pun harus kita bagi, misalnya pada pagi dan sore hari atau dengan interl 4-6 jam.

Selain itu, bunda harus juga menghinadri kegiatan yang mengurangi asupan kalsium. Bunda harus berhenti mengonsumsi alkohol, merokok, minuman soda, dan minuman berkafein (teh dan kopi) lebih dari 3 gr per hari. Penyerapan kalsium pun tidak optimal bila bunda terlalu banyak mengonsumsi asupan kalsium harian. Serat yang berlebih ternyata menghambat tubuh menyeram kalsium secara maksimal. Utnuk meningkatkan penyerapan kalsium, bunda harus banyak beraktifitas fisik selama masa kehamilan.

Dua akibat dari kurang asupan kalsium saat masa kehamilan:

1. Kram Selama Hamil

Pernah kah bunda merasa kram saat masa kehamilan? Atau bunda sedang mawas diri agar bebas dari keram saat kehamilan? Apa pun itu, bunda harus tahu keram sat kehamilan karena tubuh kurang asupan kalsium bersamaan tubuh juga kekurangan potasium. Selain itu, tubuh juga terlalu banyak mengandung fosfor.
Nah, tiga perpaduan itu yang menyebabkan beban kehamilan semakin besar dan bunda semakin rasakan keram. Saraf-saraf pada bagian kaki pun ikut merasa tekanan dan saraf-saraf menjadi gampang tegang atau kontraksi.
Bunda mau tahu cara mengurangi keram? Bunda hanya perlu melakukan peregangan. Luruskanlah kaki dan secara perlahan gerakan pergelangan dan jari-jemari kaki bunda. selanjutnya, pijatlah bagian yang sakit dan letakan botol berisi air hangat. Bila bunda, lebih ke tipe orang yang suka gerak, silakan berdiri dan berjalan-jalan mengitari ruangan di rumah.

2. Tulang Ibu Mudah Keropos

Jangan sekali-kali bunda abai mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium. Saat tubuh bunda kekurangan asupan kalsium harian, janin pun juga mengalami kekurangan dan dia akan mengambil dari kalsium yang ada pada tulang bunda. Nah, tulang bunda menjadi mudah rapuh akibat demineralisasi tulang.

Informasi Kehamilan Lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: