Kekurangan Zat Besi Penyebab Anemia | Jual Produk Tiens Syariah

Kekurangan Zat Besi Penyebab Anemia

Home » Info Anemia » Kekurangan Zat Besi Penyebab Anemia
Kekurangan Zat Besi Penyebab Anemia

Anemia atau kurang darah disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya faktor gizi. Dalam pembentukan sel darah merah, diperlukan beberapa zat gizi, di antaranya adalah zat besi. Zat besi dan hemoglobin berperan penting dalam mengangkut oksigen dan karbondioksida ke seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, kekurangan zat besi dapat menyebabkan terganggunya fungsi tubuh dan anemia.

Tubuh membutuhkan sekitar 1-2 mg zat besi setiap harinya. Jumlah tersebut hampir setara dengan jumlah zat besi yang dibuang oleh tubuh. Dibutuhkan vitamin C dalam jumlah yang cukup karena vitamin C membantu penyerapan zat besi dari makanan yang kita makan.

Kekurangan zat besi merupakan penyebab yang paling sering dijumpai pada kasus anemia atau kurang darah. Dapatkah zat besi didaur ulang? tentu bisa. Zat besi didaur ulang saat sel darah merah mati. Saat itu, zat besi yang terdapat di dalamnya dikembalikan lagi ke sumsum tulang untuk pembentukan sel darah merah yang baru. Namun pada saat terjadi hambatan dalam pembentukan sel darah merah baru, atau kebutuhan zat besi kurang, maka terjadilah anemia.

Kapan seseorang dinyatakan kekurangan zat besi? Pada pria yang sehat, kadar zat besi adalah 3,8 gram. Sementara pada wanita sehat, kadar zat besi adalah 2,3 gram.

Penyebab kekurangan zat besi bisa beragam, diantaranya adalah :

  1. Menstruasi
    Menstruasi menyebabkan kehilangan darah dalam jumlah cukup banyak. Oleh karena itu, harus diimbangi dengan asupan makanan kaya zat besi agar kadar sel darah merah tetap cukup. Namun jika kurang, maka dapat menyebabkan defisiensi zat besi/anemia.
  2. Hamil dan Melahirkan. Selama hamil. nutrisi terbagi antara sang ibu dan janin. Sehingga, jika tidak diganti dengan tambahan nutrisi seperti makanan kaya zat besi, maka ibu hamil berpotensi menderita kekurangan zat besi. Sementara ketika melahirkan, terjadi cukup banyak kehilangan darah sehingga kadar zat besi dalam tubuh berkurang banyak. Jika tidak diimbangi dengan makan makanan kaya zat besi, tubuh dapat mengalami kekurangan zat besi.
  3. Pendarahan Internal. Pendarahan internal seperti pada sistem pencernaan, ulkus, atau tumor dapat memicu kekurangan zat besi dan anemia.
  4. Penyakit. Penyakit-penyakit tertentu seperti leukimia, malaria, dan sebagainya dapat menyebabkan rusak/hilangnya sel darah merah.
  5. Diet Rendah Zat Besi. Tentunya, diet rendah zat besi akan menyebabkan kekurangan zat besi dan anemia. Diperlukan asupan zat besi yang cukup agar tubuh tetap sehat.

Oleh karena itu, pastikan tubuh mendapat kecukupan zat besi agar tubuh terhindar dari resiko menderita anemia. (DODP). Kekurangan zat besi merupakan penyebab utama terjadinya anemia.

Untuk membantu mengatasi Anemia, dari Tiens kami menyarankan untuk konsumsi produk zinc capsules. Zinc capsules kaya akan zat besi yang bersumber dari bahan alami dan sangat bagus untuk penderita anemia. Seperti yang kita ketahui, anemia atau kekurangan darah penyebab utamanya adalah kekurangan zat besi. Oleh sebab itu, agar penyakit ini tidak kambuh lagi maka tubuh memerlukan asupan nutrisi zinc capsules dari Tiens. Produk zinc capsules dari Tiens telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan Halal MUI. Produk ini bukan obat melainkan suplemen dan tidak memiliki efek samping karena terbuat dari bahan alami. Untuk info lebih detail silakan hubungi kami di 08-1950-1950-2 atau Line: @JualProdukTiensCom.

Kekurangan Zat Besi Penyebab Anemia

Informasi lainnya tentang anemia :

Leave a Reply

%d bloggers like this: