Apa Itu Kanker Serviks ? Berikut definisi lengkapnya | Jual Produk Tiens Syariah

Apa Itu Kanker Serviks ? Berikut definisi lengkapnya

Home » Kanker Serviks » Apa Itu Kanker Serviks ? Berikut definisi lengkapnya
Apa Itu Kanker Serviks ? Berikut definis lengkapnya

# Apakah yang dimaksud Kanker Serviks ?

Kanker serviks atau kanker leher Rahim (Cervical Cancer) adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim/serviks (bagian terendah dari Rahim yang menempel pada puncak vagina). Setiap perempuan selama hidupnya beresiko terkena virus yang menyebabkan kanker serviks.Namun, kanker serviks biasanya menyerang wanita berusia 35-55 tahun.

Sekitar 90% dari kanker serviks berasal dari sel skuamosa yang melapisi serviks (leher Rahim), sedangkan 10% sisanya berasal dari sel kelenjar penghasil lender pada saluran servikal yang menuju ke dalam Rahim. Kanker serviks termasuk salah satu kanker pembunuh perempuan di Indonesia

apa itu kanker serviks dan definisi detail

# Apa tanda dan gejala kanker Rahim ?

Kanker leher Rahim ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher Rahim yang tidak lazim (abnormal).Tetapi sebelum sel-sel itu menjadi sel-sel kanker, terjadi beberapa perubahan yang alami oleh sel-sel tersebut.Perubahan sel-sel biasanya memakan waktu sampai bertahun-tahun. Selama jeda tersebut, pengobatan yang tepat akan segera menghentikan sel-sel yang abnormal sebelum berubah menjadi sel kanker.

Sel-sel yang abnormal dapat dideteksi kehadirannya dengan “pap smear test”.Semakin dini sel-sel abnormal terdeteksi, maka semakin rendahlah risiko seseorang menderita kanker leher Rahim. Pap smear adalah suatu test yang aman, murah dan telah dipakai bertahun-tahun untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher Rahim. Pemeriksaan pap smear secara teratur sangat diperlukan wanita.

Secara umum, tanda dan gejala kanker Rahim ialah terjadinya pendarahan vagina setelah aktivitas seksual atau diantara masa haid. Tanda lain yang mungkin timbul antara lain hilangnya nafsu makan dan berat badan, nyeri tulang panggul dan tulang belakang, nyeri pada anggota gerak, pembengkakan pada area kaki, serta keluarnya feaces menyertyai urin melalui vagina.

# Apa saja penyebab Kanker serviks ?

Kanker serviks disebabkan oleh beberapa jenis virus yang disebut Human Papiloma Virus (HPV).Virus ini menyebar melalui kontak seksual. HPV dapat menyerang semua perempuan di setiap waktu, tanpa melihat umur maupun gaya hidupnya. Namun, wanita yang memiliki daya tahan tubuh baik mampu melawan infeksi HPV dengan sendirinya.

Kanker Rahim juga dapat disebabkan ooleh virus penyebab kutil genitalis (kondiloma akuminata), merokok, hubungan seksual pertama dilakukan pada usia dini, dan berganti-ganti pasangan seksual. Selain itu, kanker Rahim bisa dipicu pemakaian DES (dietilstilbestol) pada wanita hamil untuk mencegah keguguran, gangguan system kekebalan, pemakaian pil KB dalam jangka waktu lama, sering mencuci vagina dengan antiseptic dan menaburkan bedak bubuk pada vagina, melahirkan banyak anak serta infeksi herpes genitalis atau infeksi klamidia menahun.

# Bagaimana menangani kanker serviks ?

apa itu kanker serviks dan definisi detail

Bagi Anda yang terdiagnosa mengalami perubahan abnormal sel sejak dini, maka dapat dilakukan beberapa hal seperti pemanasan, diathermy atau dengan sinar laser. Selain itu dengan cara cone biopsy, yaitu mengambil sedikit dari sel-sel Rahim, termasuk sel yang mengalami perubahan. Tindakan pemeriksaan yang dapat dilakukan oleh ahli kandungan ini memungkinkan pemeriksaan yang lebih teliti untuk memastikan adanya sel-sel yang mengalami perubahan.

Penyembuhan yang dapat dilakukan apabila kanker serviks telah dapat diidentifikasi adalah operasi atau radioterapi. Operasi adalah dengan mengambil daerah yang terserang kanker, biasanya uterus beserta leher rahimnya.Sementara radioterapi adalah dengan menggunakan sinar X berkekuatan tinggi yang dapat dilakukan secara internal maupun eksternal.

# Bagaimana cara mencegah kanker serviks ?

Upaya pencegahan kanker serviks dengan vaksinasi. Vaksin yang diberi nama Gardasil ini efektif mencegah infeksi HPV tipe 6 dan 11 yang menyebabkan hamper 90% dari semua jenis kanker leher Rahim. Selain itu, dengan menstabilkan asupan vitamin C yang bermanfaat untuk memperbaiki dan memperkuat mukosa, material dalam leher Rahim serta memperbanyak makan sayur-sayuran, maka Anda akan jauh dari kanker serviks.

# Pendapat dokter

dr Nasdaldy SpOG, dokter spesialis ginekolog Indonesia mengatakan bahwa kanker serviks biasanya menyerang perempuan yang menikah di usia muda. Selain itu, perempuan yang suka berganti-ganti pasangan seks, sering menderita infeksi di daerah kelamin, melahirkan banyak anak dan merokok, sangat rentan terkena kanker Rahim.

Informasi Lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: