Apakah Faktor Resiko Penyebab Kanker Serviks ? | Jual Produk Tiens Syariah

Apakah Faktor Resiko Penyebab Kanker Serviks ?

Home » Kanker Serviks » Apakah Faktor Resiko Penyebab Kanker Serviks ?
Faktor Resiko Penyebab Kanker Serviks

Faktor resiko adalah segala sesuatu yang mempengaruhi kesempatan seseorang mendapatkan penyakit seperti kanker serviks. Beberapa faktor resiko seperti merokok bisa dikendalikan, namun faktor seperti usia seseorang atau ras, tidak dapat diubah. faktor resiko dapat membantu anda untuk mengetahui kebiasaan yang dapat menyebabkan penyakit kanker serviks. Berikut ulasan Apakah Faktor resiko yang menyebabkan kanker serviks ?

Faktor Resiko Penyebab Kanker Serviks

# Infeksi Virus HPV (Human papilloma virus)

Faktor risiko yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah infeksi virus yang dikenal sebagai HPV (human papilloma virus). HPV adalah sekelompok lebih dari 150 virus yang berhubungan dapat menginfeksi sel-sel pada permukaan kulit,dan sel-sel yang melapisi alat kelamin, anus, mulut, dan tenggorokan.

# Merokok

Wanita yang merokok sekitar dua kali lebih mungkin untuk mendapatkan kanker serviks dibandingkan mereka yang tidak. Zat-zat berbahaya dalam rokok dibawa dalam aliran darah ke seluruh tubuh ke organ lain. Tembakau pada rokok telah ditemukan dalam lendir serviks perempuan yang merokok. Merokok juga membuat sistem kekebalan tubuh kurang mampu melawan infeksi HPV. Merokok merupakan salah satu jawaban Apakah Faktor resiko yang menyebabkan kanker serviks ?

# Pil KB

Penggunaan jangka panjang dari pil KB meningkatkan risiko kanker serviks. Penelitian menunjukkan bahwa risiko naik semakin lama seorang wanita mengambil “pil,” tapi risikokembali turun lagi setelah ia berhenti. Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang pro dan kontra dari pil KB dalam kasus Anda

# HIV

HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang menyebabkan AIDS – itu tidak sama dengan HPV. Perempuan yang terinfeksi HIV lebih mungkin untuk mendapatkan kanker leher rahim. Memiliki HIV tampaknya membuat sistem kekebalan tubuh seorang wanita kurang mampu melawan virus HPV.

# Usia muda pada saat kehamilan pertama

Wanita yang lebih muda dari 17 tahun ketika mereka memiliki kehamilan pertama hampir 2 kali lebih mungkin untuk mendapatkan kanker serviks di kemudian hari daripada wanita yang menunggu untuk hamil sampai mereka 25 tahun atau lebih.

# Riwayat keluarga

Kanker serviks dapat berjalan dalam beberapa keluarga. Jika ibu atau saudara perempuan menderita kanker serviks, kemungkinan untuk mendapatkan penyakit ini 2 sampai 3 kali lebih tinggi daripada jika tidak ada seorang pun di keluarga memiliki itu.

Faktor resiko diatas dapat dihindari seperti merokok. Namun, seperti genetika , kita bisa mencegahnya dengan gaya hidup sehat dan selalu mengecek kesehatan organ reproduksi.

Informasi seputar kanker serviks lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: