Apakah Genetika Mempengaruhi Kanker Serviks ? | Jual Produk Tiens Syariah

Apakah Genetika Mempengaruhi Kanker Serviks ?

Home » Kanker Serviks » Apakah Genetika Mempengaruhi Kanker Serviks ?
Genetika Mempengaruhi Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada wanita dan menyerang leher rahim. Kanker ini disebabkan oleh HPV (Human Papillomavirus) dan biasanya ditularkan melalui hubungan seksual. Meski kasus kanker serviks sebenarnya tak sedikit, namun para wanita seringkali belum memahami perihal kanker serviks dengan baik. Banyak yang bertanya Apakah genetika mempengaruhi resiko kanker serviks ?

Penyebab kanker serviks selain disebabkan oleh HPV penyakit ini juga bisa disebabkan oleh faktor genetika. Faktor genetika atau faktor gen dapat mempengaruhi terkena kanker serviks.

Melangsir dari www.fhcrc.org, dalam sebuah penelitian ternyata perkembangan kanker serviks pada tubuh Anda dapat diketahui dengan menganalisa gen pada tubuh Anda. Bagian yang perlu dianalisa adalah gen sistem kekebalan yang biasa dikenal dengan antigen leukosit manusia (HLA).

Para peneliti di Ilmu Kesehatan Masyarakat, Clinical Research dan Biologi Manusia menemukan bukti bahwa varian gen tertentu dapat mempengaruhi tingkat resiko dan berkembangnya kanker serviks. Kanker serviks dapat berjalan dalam beberapa keluarga. Jika ibu atau saudara perempuan menderita kanker serviks, kemungkinan untuk mendapatkan penyakit ini 2 sampai 3 kali lebih tinggi daripada jika tidak ada seorang pun di keluarga memiliki riwayat kanker serviks.

Dr Margaret Madeleine , seorang ahli epidemiologi dan ilmuwan staf senior di PHS , mengatakan bahwa beberapa tipe HPV yang berbeda telah ditemukan dapat menyebabkan kutil pada kelamin dan kenker serviks. Namun, Madeleine mengatakan hanya sebagian kecil wanita yang terinfesi oleh HPV yang akhirnya bisa mengembang menjadi kanker serviks. Hal ini disebabkan kemampuan gen seseorang pada sistem kekebalan tubuhnya. Kemampuan sistem kekebalan tubuh seseorang dapat mendeteksi sekaligus membersihkan HPV yang bisa menjadi kanker.

Apakah genetika mempengaruhi resiko kanker serviks ? Jawabannya adalah ya. Sebagian wanita dapat terinfeksi HPV, akan tetapi hanya sebagian kecil karena sistem kekebalan tubuh wanita juga dapat membersihkan HPV yang bisa menjadi kanker. Semakin kuat sistem kekebalan tubuh Anda maka kemungkinan terserang human papilloma virus atau HPV penyebab kanker serviks akan semakin kecil.

Informasi seputar kanker serviks lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: