Apakah Kanker Serviks Bisa Disembuhkan ? | Jual Produk Tiens Syariah

Apakah Kanker Serviks Bisa Disembuhkan ?

Home » Kanker Serviks » Apakah Kanker Serviks Bisa Disembuhkan ?
Kanker Serviks Bisa Disembuhkan

Penderita kanker serviks di Indonesia tergolong tinggi, setiap hari ditemukan lebih dari 40 wanita Indonesia atau sekitar 15.000 wanita pertahun, yang menderita kanker serviks. Hal yang lebih miris lagi bahwa sebagian besar yaitu sekitar 55% atau kurang lebih 8000 penderita diantara mereka berakhir dengan kematian. Sehingga tidak berlebihan jika kanker serviks dijuluki sebagai pembunuh nomer satu wanita di Indonesia. Kebanyakan dari kasus kanker serviks terdeteksi telah memasuki lebih dari stadium 2 B. Banyak yang menanyakan Apakah kanker serviks bisa disembuhkan ?

Ketika terdiagnosa menderita kanker serviks, maka penting bagi penderita untuk mengetahui tahapan-tahapan (stadium) kanker, karena informasi ini sangat penting bagi dokter maupun si penderita untuk bisa merencanakan pengobatan sesuai dengan tingkat / tahapan keparahan kanker tersebut. Sejauh ini ada 5 tingkatan yang sudah dikenali

Tingkat / stadium pertama adalah Stadium 0. Pada stadium 0, kanker ditemukan di lapisan pertama dari sel-sel yang melapisi serviks saja dan belum menyerang jaringan yang lebih dalam dari leher rahim. Ini adalah bentuk paling awal dari kanker serviks dan dapat diobati dengan operasi laser, histerektomi atau radiasi.

Stadium berikutnya adalah stadium I . Pada kanker stadium ini, kanker masih ditemukan pada bagian serviks namun belum menyebar. Pada stadium II, kanker telah menyebar ke luar leher rahim tetapi belum sampai ke dinding pelvis. Tahap II dibagi menjadi tingkat/stadium IIA dan IIB, berdasarkan pada seberapa jauh kanker telah menyebar.

Stadium IIA, kanker telah menyebar ke luar leher rahim ke dua pertiga bagian atas vagina tetapi tidak sampai jaringan di sekitar rahim. Stadium IIB, kanker telah menyebar ke luar leher rahim ke dua pertiga bagian atas vagina dan jaringan di sekitar rahim.

“Jika dideteksi dini, dan ditemukan tanda-tanda kanker stadium awal, dapat sembuh 100 persen dengan pengobatan,” papar dr Adi Sasongko, MA, Direktur Pelayanan Kesehatan dari Yayasan Kusuma Buana. Pengobatan kanker serviks dapat melalui pembedahan, radiasi dan kemoterapi.

Apakah kanker serviks bisa disembuhkan ? Jawabannya adalah iya, Tidak semua wanita meninggal akibat kanker serviks, ketika mereka telah terjangkit. Jadi, jangan pesimis. Penelitian mengungkap bahwa tingkat kesembuhan dari kanker serviks jika sudah terdiagnosis sejak awal adalah 92 persen. Semakin lama kanker serviks tersembunyi dan tak terdiagnosis, tentu tingkat keselamatan semakin menurun. untuk itu sangat penting melakukan pemeriksaan sejak dini secara teratur untuk mengetahui risiko dan mengetahui kanker serviks sejak awal.

Informasi seputar kanker serviks lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: