Apakah Kanker Serviks Menular ? | Jual Produk Tiens Syariah

Apakah Kanker Serviks Menular ?

Home » Kanker Serviks » Apakah Kanker Serviks Menular ?

Kanker serviks merupakan penyakit yang termasuk paling banyak terpapar oleh wanita Indonesia. Angka kejadian kanker serviks yang terus meningkat, membuat banyak orang bertanya , Apakah kanker serviks bisa menular ?

Kanker serviks adalah kanker yang timbul dari leher rahim. Kanker ini disebabkan oleh pertumbuhan abnormal sel-sel yang memiliki kemampuan untuk menyerang atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Pada tahap awal, penderita biasanya tidak menunjukkan adanya gejala tertentu. namun, pada tahap lanjutan gejala yang timbul termasuk pendarahan vagina, nyeri panggul, dan nyeri ketika atau setelah melakukan hubungan seksual.

Lebih dari 90% kasus kanker serviks dipengaruhi oleh adanya infeksi Human papillomavirus (HPV). Terdapat sekitar 30-40 tipe virus HPV yang dapat menginfeksi tubuh manusia. Sebagian besar tipe virus HPV akan menimbulkan keluhan berupa kutil genital. Hanya sebagian kecil tipe virus HPV yang dapat menyebabkan tumbuhnya kanker serviks.

 

Banyak orang yang telah terpapar HPV dalam tubuhnya, mungkin tidak menunjukkan tanda atau gejala. Bahkan, dapat menularkan virus tanpa menyadarinya. Infeksi virus yang berkembang menjadi kanker serviks baru disadari setelah 10-15 tahun kemudian. Biasanya gejalanya seperti nyeri panggul, gangguan pada kandung kemih, kebocoran vagina, pendarahaan saat dan setelah berhubungan seksual, dan keputihan yang tidak normal.

Apakah kanker serviks bisa menular ? Jawabannya adalah tidak, Kanker serviks sendiri sebenarnya tidak menular, namun infeksi virus HPV inilah yang dapat menular dari satu wanita ke wanita lain. HPV dapat ditularkan melalui kontak kulit dengan daerah yang terinfeksi.

Informasi kanker serviks lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: