Apakah Kolesterol Tinggi Merupakan Penyakit Turunan ? | Jual Produk Tiens Syariah | Peninggi Badan

Apakah Kolesterol Tinggi Merupakan Penyakit Turunan ?

Home » Info Seputar kolesterol » Apakah Kolesterol Tinggi Merupakan Penyakit Turunan ?
apakah kolesterol tinggi merupakan penyakit keturunan

” Kedua orang tua saya memiliki riwayat kolesterol tinggi, begitu juga dengan saudara saya. Apakah kolesterol merupakan penyakit turunan ?”

Pertanyaan tentang kaitan kolesterol tinggi dan keturunan merupakan hal yang wajar mengingat kejadian ini memang banyak dijumpai di masyarakat.

Hal ini juga dipicu dari berbagai kajian pakar kedokteran yang menyatakan bahwa bermacam macam penyakit ternyata mempunyai kaitan dengan faktor keturunan.

Perlu dibahas terlebih dahulu pengaruh keturunan dengan kadar kolesterol darah. Hal ini mengandung arti bahwa dalam satu keluarga, kerentanan seorang anggota keluarga terhadap penyakit tertentu terlihat memiliki hubungan erat.

Sebagai suatu contoh pada berbagai kasus ialah meningkatnya kadar kolesterol darah yang disebabkan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak jenuh.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya pengurangan lemak jenuh dapat dilakukan melalui diet.

Namun anehnya pada sebagian diantara responden dalam studi ternyata tidak dapat menurunkan tingkat kolesterol darah hanya dengan melakukan proses diet.

Hal ini dapat dijelaskan dengan cabang ilmu biologi yang disebut dengan ilmu genetika yang menyatakan bahwa kromosom merupakan bagian sel yang menyimpan sifat sifat yang diturunkan (genetika).

Gen adalah bagian yang menyimpan sifat sifat tertentu yang akan diturunkan secara berpasangan.

Hal ini artinya kita akan memerlukan satu gen dari ayah dan satu gen dari ibu.

Dalam hubungannya antara keturunan dan kadar lemak serta kolesterool, telah diketahui bahwa memang terdapat beberapa fenomena menarik yang terjadi.

Berikut fenomena yang terjadi :

  • Adanya kolesterol dalam darah yang amat tinggi (jauh diatas kadar normal) pada semua anggota keluarga. Fenomena ini disebut dengan familial hypercholesterolemia (FH).
  • Adanya kadar HDL yang terlalu rendah dalam satu keluarga (dibawah 35mg/dl) disebut dengan HYPO HDL.
  • Adanya kadar kombinasi lipida tertentu yang terlalu tinggi dalam satu keluarga. Fenomena ini disebut dengan famlial combined hyperlipidemia (FCH).
  • Adanya kadar trigliserida yang terlalu tinggi dalam darah satu keluarga. Fenomena ini disebut dengan familial hypertriglyceridemia (FHT)

Pertanyaannya, apakah kolesterol tinggi merupakan penyakit keturunan?

Berbagai fenomena ini membuktikan bahwa dalam kasus kasus tertentu kadar kolesterol abnormal merupakan panyakit yang diturunkan orang tua kepada anaknya.

Sebagai jawaban atas pertanyaan apakah kolesterol merupakan penyakit keturunan maka dapat dikatakan kasus kadar kolesterol tinggi memang dapat bersumber dari faktor keturunan .

Walaupun faktor keturunan tidak dapat dicegah tetapi dengan penanganan yang benar maka dampak negatif yang ditimbulkannya dapat dibatasi atau dikurangi.

Untuk membantu menurunkan kolesterol kami menyarankan untuk menggunakan produk Chitin chitosan tiens . Produk ini telah sertifikasi BPOM RI & halal MUI.

Informasi detail : Obat penurun kolesterol tiens

Leave a Reply

[i]
[i]
%d bloggers like this: