Bagaimanakah Cara Mendeteksi Dini Kanker Serviks ? | Jual Produk Tiens Syariah

Bagaimanakah Cara Mendeteksi Dini Kanker Serviks ?

Home » Kanker Serviks » Bagaimanakah Cara Mendeteksi Dini Kanker Serviks ?

Kanker leher rahim adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) yang menyerang leher rahim. Gejala kanker ini tidak terlihat sampai kanker memasuki stadium yang lebih jauh. Penting sekali mendeteksi kanker serviks sejak dini agar mengetahui kondisi kesehatan organ kewanitaan kita. Bagaimana mendeteksi dini kanker serviks ?

Kita dapat mendeteksi dini kanker serviks dengan pemeriksaan pap smear. Pap smear adalah pemeriksaan dengan mengambil contoh sel-sel leher rahim, kemudian dianalisa untuk mendeteksi dini kanker leher rahim. Pada tes ini kita juga bisa menemukan adanya infeksi atau sel-sel yang abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker sehingga kita bisa segera melakukan tindakan pencegahan.

Tes pap smear ini sederhana dan prosesnya cepat, serta biasanya tidak sakit. Anda akan dipersilakan mempersiapkan diri dan berbaring seperti saat akan dilakukan pemeriksaan dalam. Dokter akan membuka liang vagina menggunakan alat yang biasa disebut cocor bebek. Ketika leher rahim sudah tampak, dengan bantuan alat yang disebut dengan spatula atau semacam sikat halus, dokter akan mengusap sekeliling leher rahim untuk mendapatkan getah atau lendirnya. Getah yang banyak mengandung sel itu dioleskan pada gelas obyek, lalu dibawa untuk dianalisa di laboratorium.

Pap smear sebaiknya dilakukan sekitar 5 hari setelah haid, atau 10-20 hari setelah hari pertama haid agar leher rahim bersih dari sisa-sisa darah haid. Dalam dua hari sebelum pap smear, Anda sebaiknya menghindari membersihkan vagina dengan krim atau sabun apa pun, menggunakan tampon atau obat-obatan yang dimasukkan ke dalam vagina, misalnya jeli untuk KB dan menghindari dahulu hubungan intim suami istri.

Bagaimana mendeteksi dini kanker serviks ? Pap smear jawabannya. Tingkat keakuratan hasil pap smear adalah 70-95%. Hasil pap smear bergantung pada laboratorium penguji, sangat dianjurkan untuk melakukan pap smear setahun sekali bagi wanita berumur diatas 21 tahun dan aktif melakukan hubungan seks. Ketika sudah berumur 30 tahun ke atas, Anda dianjurkan untuk melakukannya setahun sekali, jika sudah dilakukan 3 tahun berturut turut dan hasilnya baik (selalu negatif), pemeriksaan boleh dilakukan 2-3 tahun sekali. Tes Pap smear secara rutin juga tindakan pencegahan kanker serviks yang efektif.

Informasi lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: