Yang Termasuk Calon Ibu Hamil Berisiko Tinggi Serta Cara Mengatasi | Jual Produk Tiens Syariah

Yang Termasuk Calon Ibu Hamil Berisiko Tinggi Serta Cara Mengatasi

Home » Nutrisi Ibu Hamil » Yang Termasuk Calon Ibu Hamil Berisiko Tinggi Serta Cara Mengatasi
Yang Termasuk Calon Ibu Hamil Berisiko Tinggi & Cara Mengatasi

Siapakah yang termasuk dalam kategori ibu hamil berisiko tertinggi ? 

Bagi kebanyakan wanita, proses kehamilan dan persalinan adalah proses yang dilalui dengan kegembiraan dan suka cita. Wanita dengan kehamilan resiko tinggi harus mempersiapkan diri dengan lebih memperhatikan perawatan kesehatannya dan menghadapi kehamilannya.

Apakah yang dimaksud dengan ibu hamil dengan kehamilan resiko tinggi? Ibu hamil dengan kehamilan resiko tinggi adalah ibu hamil yang memiliki resiko atau bahaya yang lebih besar pada kehamilan atau persalinannya dibandingkan ibu hamil lainnya. Setiap kehamilan memiliki resiko, oleh karena itulah menjelang hamil, seorang calon ibu perlu menyiapkan kondisinya secara istimewa.

Disebabkan oleh berbagai faktor ada perempuan yang tergolong sebagai calon ibu berisiko tinggi atau menghadapi bahaya resiko lebih besar pada saat kehamilan dan persalinan. Kondisi ini bisa menyebabkan janin tidak bisa tumbuh dengan sehat bahkan bisa mengakibatkan kematian pada ibu dan janin.

Kehamilan resiko tinggi dapat dicegah bila gejalanya ditemukan sangat dini sehingga dapat dilakukan pencegahan. Misalnya memeriksakan kehamilan sejak awal kehamilan dan teratur ke rumah sakit, pemeriksaan paling sedikit dilakukan empat kali selama masa kehamilan. Selain itu sangat dianjurkan untuk konsumsi makanan dengan kualitas gizi yang baik dan menyehatkan. Yang Termasuk Calon Ibu Hamil berisiko tinggi :

  1. Ibu hamil dengan usia kurang dari 20 tahun atau lebih dari 35 tahun
  2. Perempuan dengan tinggi badan kurang 145 cm
  3. Perempuan dengan bentuk panggul tidak normal
  4. Ibu yang telah melahirkan lebih dari empat kali.
  5. Perempuan yang mengidap diabetes mellitus. Bayi yang dilahirkan akan besar sehingga dibutuhkan tindakan tertentu untuk membantu persalinan.
  6. Perempuan pengidap anemia. Anemia dapat menyebabkan kematian tak hanya pada janin tetapi juga pada sang ibu. Dibutuhkan bimbingan dari dokter atau bidan untuk menghindari agar hal ini tidak terjadi.
  7. Wanita yang memiliki riwayat keguguran sebelumnya.
  8. Perempuan yang memiliki riwayat sakit jantung.

Cara Mengatasi Kehamilan Berisiko Tinggi :

  • Diagnosa ibu hamil dengan resiko tinggi janganlah diartikan sebagai makna yang selalu negatif.
  • Dengan perawatan yang baik, 90-95% ibu hamil yang termasuk kehamilan berisiko tinggi dapat melakukan persalinan dengan selamat
  • Kehamilan resiko tinggi dapat dicegah dan diatas jika gejalanya ditemukan sedini mungkin sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan. Semakin dini masalah dideteksi, semakin baik untuk memberikan penanganan kesehatan bagi ibu hamil maupun bayi.
  • Sangat penting bagi setiap ibu hamil untuk melakukan ABC (Antenatal Care) atau pemeriksaan kehamilan secara teratur yang bermanfaat untuk memantau kesehatan ibu hamil dan janinnya. Bila terdapat permasalah, dapat diketahui secepatnya dan sedini mungkin.
  • Hiduplah dengan cara yang sehat.Hindari rokok, alcohol, dsb. Makanlah makanan yang bergizi tinggi sesuai dengan kebutuhan anda saat hamil.

Informasi terkait lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: