Cara Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar Saat Hamil | Jual Produk Tiens Syariah

Cara Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar Saat Hamil

Home » Nutrisi Ibu Hamil » Cara Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar Saat Hamil
Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Begah, konstipasi atau sembelit merupakan keluhan yang sering dirasakan oleh wanita hamil. Tentu saja hal ini mengakibatkan ketidaknyamanan pagi sang ibu. Oleh sebab itu setiap ibu hamil harus mendapatkan bekal informasi bagaimana cara untuk mengatasi sembelit ini.

Ada dua faktor utama penyebab yang melatarbelakangi terjadinya sembelit pada ibu hamil.

  • Penyebab pertama : Tingginya kadar progesteron didalam sistem peredaran darah mengakibatkan otot polos pada usus besar menjadi relaks. Akibatnya kerja usus besar menjadi lamban sehingga makanan akan tinggal lebih lama didalamnya. Tetapi dibalik hal ini ada manfaatnya, yakni penyerapan zat gizi lebih panjang sehingga tubuh dapat menyerap lebih. Tetapi jika terlalu lama sembelit tentu juga berakibat buruk pada kesehatan ibu.
  • Penyebab kedua : rahim membesar dan menekan usus sehingga menghambat kerja usus sehingga terjadilah konstipasi atau sembelit atau susah buang air besar.
Sembelit merupakan hal yang kerap terjadi pada ibu hamil. Tetapi, kita tidak perlu menganggap bahwa sembelit tidak terelakkan oleh ibu hamil. Ada beberapa cara untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Solusi Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

# 1. Lawan dengan serat

anda dan usus besar anda memerlukan 25-35 gram serat per hari. Tidak perlu untuk repot repot menghitung. Yang penting anda melahap banyak sumber makanan berserat tinggi yang berasal dari buah buahan dan sayur sayuran segar (mentah, dimasak sebentar, beserta kulitnya jika memungkinkan).

Kiwi dan Pepaya merupakan beberapa contoh buah buahan pencahar alami yang sangat bagus bagi mereka yang konstipasi

 

Selain itu konsumsi sereal, gandum, biji bijian, polong polongan, beras merah juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan serat per hari.  Jika anda bukan penggemar serat maka biasakanlah makan makanan berserat tinggi agar dapat mengatasi masalah sembelit ini ketika hamil.

# 2. Jauhi makanan tidak berserat

Makanan berserat tinggi akan melancarkan pergerakan sisa sisa makanan didalam usus sedangkan makanan olahan rendah serat justru akan menyumbat sisa makanan diusus. Jadi hindarilah makan berserat rendah seperti roti putih dan nasi putih dan gantilah dengan beras merah dan roti gandum

# 3.  Perbanyak konsumsi air putih

Air didalam usus berfungsi dalam melunakkan tinja dan memperlancar gerakan bahan makanan melewati usus. Sembelit anda akan cepat teratasi jika anda banyak minum air putih hangat. Cairan hangat dapat merangsang kontraksi usus agar tubuh kita lebih mudah buang air besar.

# 4. Jika tubuh terasa ingin buang air besar jangan ditunda

Ini merupakan hal yang konyol, tetapi tahukah anda bahwa hal ini sering dilakukan oleh beberapa orang. Sering menahan buang air besar akan melemahkan otot pada usus besar besar sehingga mengakibatkan sembelit dikemudian hari. Pengaturan waktu dapat mencegah masalah ini. Misalnya jika anda biasa buang air besar bangun pagi maka jangan ditunda. Lakukanlah buang air besar secara rutin di pagi hari.

# 5. Hindari makan kekenyangan

Makan terlalu banyak akan membebani saluran cerna anda sehingga makin mempersulit buang air besar. Bagi ibu hamil akan sangat bagus untuk makan enam kali dalam porsi kecil ketimbang makan tiga kali dalam porsi besar. Dengan metode ini maka gas yang terbentuk dalam saluran pencernaan anda tidak akan terlalu banyak sehingga anda pun jarang merasa begah

# 6. Periklasalah obat obat kesehatan yang anda konsumsi

Ironisnya banyak obat obatan atau suplemen yang diperlukan oleh wanita hamil memberikan efek samping terhadap sembelit. Jika memungkinkan carilah alternatif obat obatan kimia yang anda konsumsi dengan yang alami sehingga tidak menimbulkan efek samping sembelit terhadap anda.

# 7. Minumlah bakteri baik

Probiotik atau bakteri baik dapat merangsang bakteri dalam usus untuk menguraikan sisa sisa makanan dengan lebih baik sehingga membantu melancarkan buang air besar. Anda bisa menikmati probiotik yang berasal dari yoghurt atau minuman probiotik yang banyak dipasaran.

# 8. Mulailah olahraga

Tubuh yang aktif akan mendukung usus didalamnya menjadi aktif juga. Berjalan cepat selama setengah jam akan sangat membantu . Anda juga bisa memilih olahraga yang anda senangi tapi masih aman untuk wanita hamil. Olahraga seperti senam hamil merupakan salah satu olahraga yang kami sarankan untuk wanita hamil dan aman.

# 9. Konsumsi suplemen herbal yang aman untuk sembelit dan wanita hamil

Jika anda masih merasa kesulitan untuk buang air besar maka gunakanlah suplemen kesehatan yang aman untuk wanita hamil dalam mengatasi masalah sembelit ini. Kami menyarankan untuk menggunakan produk double cellulose dari Tiens.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Produk double cellulose dari Tiens berasal dari serat jagung yang memiliki serat ganda yang sangat bagus dalam melancarkan pembuangan, mengaktifkan gerak usus serta membersihkan usus dan dinding usus dari sampah sampah metabolisme. Produk tiens ini sangat dikenal karena kualitasnya yang sangat bagus dalam mengatasi sembelit. Produk ini telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan Halal MUI. Dengan sertifikasi ini berarti produk ini aman untuk dikonsumsi,

Untuk keterangan lengkap tentang produk ini silakan hubungi kami di 08 1950 1950 2 atau Line: @JualProdukTiensCom.

Informasi kehamilan lainnya :

Permohonan Penulis 

Jika kamu mendapatkan banyak informasi berharga dari artikel “ Cara Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar Saat Hamil” ini, tolong bantu like, tweet atau share ya dengan tombol yang ada di samping. Indahnya jika bisa berbagi informasi bermanfaat. Terima kasih

Leave a Reply

%d bloggers like this: