Ciri Ciri Awal atau Tanda Wanita Hamil Muda | Jual Produk Tiens Syariah

Ciri Ciri Awal atau Tanda Wanita Hamil Muda

Home » Nutrisi Ibu Hamil » Ciri Ciri Awal atau Tanda Wanita Hamil Muda
ciri ciri atau tanda tanda wanita hamil muda

“ Kata Temen saya, dia udah tahu klo dirinya hamil bahkan sebelum melakukan tes kehamilan, apakah ada cara untuk mengetahui kehamilan pada tahap yang sangat dini ? “

Satu satunya cara untuk memastikan kehamilan anda dengan memperoleh hasil positif pada uji kehamilan. Namun hal itu tidak berarti bahwa tubuh anda tetap bungkam ketika anda akan menjadi seorang ibu. Tubuh justru akan memberikan banyak petunjuk terjadinya kehamilan. Meskipun banyak wanita tidak merasakan gejala apapun pada tahap awal kehamilan atau baru merasakan hal itu setelah usia kehamilannya mencapai beberapa minggu.
Jika anda mengalami gejala gejala berikut, tidak ada salahnya untuk segera bergegas ke apotek dan membeli alat uji kehamilan mandiri.

Ciri Ciri atau Tanda Tanda Awal Wanita Hamil Muda

#Payudara atau puting susu terasa nyeri

Anda tentu sudah akrab dengan rasa sakit dan nyeri pada payudara sebelum menstruasi, tetapi itu belum apa apa dibandingkan dengan perih setelah kehamilan. Payudara yang terasa perih, penuh, bengkak, kesemutan bahkan nyeri ketika disentuh merupakan beberapa tanda awal yang disadari banyak wanita setelah sel sperma bertemu sel telur. Rasa nyeri seperti ini dapat muncul beberapa hari setelah kehamilan.

# Penggelapan areola

Areola atau lingkaran di sekeliling putting susu anda mungkin akan berubah warna. Warna areola kadang akan mejadi lebih gelap selama masa kehamilan dan mungkin pula mengalami pelebaran beberapa minggu setelah kehamilan.

# Pembesaran kelenjer pada areola

Pada tahap awal kehamilan anda akan mengamati pembesaran bintik bintik kecil pada areola (disebut kelenjer Montgomery). Bintik yang mana ? mungkin anda tidak pernah menyadari keberadaan bintik bintik itu sebelumnya, bentuknya mirip dengan bintik bintik yang muncul pada kulit saat anda merinding tetapi sebenarnya itu adalah kelenjer yang menghasilkan minyak untuk melumasi puting susu dan areola. Mengapa perlu ada pelumas disitu ? Untuk mengurangi resiko lecet pada putting susu saat bayi anda menghisapnya nanti. Ini merupakan persiapan tubuh dalam merencanakan masa depan.

# Kemunculan Bercak (darah)

Beberapa orang wanita melihat adanya bercak bercak darah ketika embrio melekat pada rahim. Pendarahan tersebut muncul lebih awal dari pada siklus bulanan anda (biasanya sekitar 5-10 hari setelah kehamilan) dan biasanya berwarna merah muda (seperti bercak bercak yang umumnya muncul ketika anda menstruasi)

# Sering buang air kecil

Apakah kamar kecil menjadi tempat kesukaan anda saat ini ?? pada awal kehamilan, keinginan untuk buang air kecil meningkat tajam. Kenapa ?
• Hormon tubuh ketika hamil akan memicu aliran air seni
• Tubuh harus membuang limbah dari sistem peredaran darah anda dan sistem peredaran darah bayi anda (artinya anda buang kecil untuk dua orang)
• Rahim yang mulai membesar kini mendesak kandung kemih anda sehingga hanya menyisakan sedikit ruang untuk menampung air seni, akibatnya anda lebih seing buang air seni.

# Sangat Lelah

Tenaga rasanya benar benar terkuras alias superlemas. “Mesin pembuat bayi” yakni tubuh anda ketika hamil memang menguras banyak tenaga.

# Mual

Satu alasan lain yang mungkin membuat anda sempat berpikir untuk pindah ke kamar mandi, setidaknya sampai trisemester pertama berlalu. Rasa mual dan ingin muntah alias morning sickness dapat menyerang segera setelah terjadinya kehamilan, meskipun biasanya baru muncul sekitar minggu keenam

# Peka Terhadap Bebauan

Peningkatan ketajaman indra penciuman merupakan salah satu perubahan pertama yang dialami oleh beberapa wanita hamil. Maka jangan kaget ketika hamil anda akan memiliki indra penciuman yang lebih tajam dan mudah tersinggung. Mudah tersinggung yang dimaksud disini adalah mudah merasa sangat tidak nyaman jika mencium aroma tertentu dalam kadar yang sebenarnya masih dapat anda toleransi sebelum anda hamil.

# Begah

Merasa seperti ada busa diperut?? Begah bisa menghampiri anda pada awal kehamilan. Meskipun begah sebelum menstruasi dan begah akibat kehamilan memang sulit dibedakan.

# Peningkatan Suhu Tubuh

Maksudnya suhu tubuh anda basal. Jika anda mengamati suhu tubuh pertama anda pada pagi hari menggunakan thermometer khusus untuk pengukuran suhu tubuh basal, anda akan mengamati bahwa suhu tubuh basal anda meningkat sekitar 0.5 deraja celcius ketika anda hamil dan tetap pada kisaran itu hingga anda melahirkan.

Apa itu suhu tubu basal ? suhu tubuh basal merupakan suhu terendah yang dicapai oleh tubuh selama masa istirahat atau dalam keadaan tidur. Pengukuran suhu basal dilakukan pagi hari sesaat setelah bangun tidur & sebelum melakukan aktifikasi lainnya.

# Berhenti Menstruasi

Jika anda melewatkan rentang waktu sepanjang satu siklus normal anda tanpa menstruasi (khususnya jika menstruasi anda biasanya teratur) anda bisa menduga terjadinya kehamilan sebelum uji kehamilan memastikannya.

Informasi lainnya :

Permohonan Penulis

Jika anda mendapatkan informasi berharga dari artikel ” Ciri Ciri Awal atau Tanda Wanita Hamil Muda” diatas  tolong bantu share, like atau tweet ya dengan tombol yang ada disamping. Terima kasih telah berbagi.

Leave a Reply

%d bloggers like this: