Daftar 17 Makanan Dengan Asam Urat Tinggi | Jual Produk Tiens Syariah

Daftar 17 Makanan Dengan Asam Urat Tinggi

Home » Informasi Asam Urat » Daftar 17 Makanan Dengan Asam Urat Tinggi
Daftar Makanan Dengan Asam Urat Tinggi

Penyakit asam urat terjadi ketika terjadi penumpukan asam urat dalam darah atau kadar asam urat dalam darah tinggi. Kadar asam urat ini bisa diketahui dengan pemeriksaan darah. Seseorang dikatakan menderita asam urat apabila kadar asam uratnya lebih dari 6 mg/dL pada wanita, atau di atas 7 mg/dL pada pria.

Sebagian besar kasus asam urat disebabkan oleh pola makan yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Purin adalah zat alami yang terkandung dalam makanan yang kita makan, baik itu dari tanaman (sayur, buah, dan sebagainya) maupun dari hewan (daging, ikan, dan lain-lain). Purin ini saat dicerna dan melalui proses metabolisme dalam tubuh manusia, akan menghasilkan asam urat. Dalam kadar normal, asam urat tidak berbahaya, bahkan bermanfaat bagi tubuh. Namun jika asam urat tersebut menumpuk seperti pada penyakit asam urat, maka asam urat dapat membahayakan kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan asupan makanan dan kadar asam urat atau purin di dalamnya. Pada orang yang masih sehat, hal ini akan bermanfaat untuk mencegah penyakit asam urat. Pada penderita asam urat, menghindari makanan yang tinggi purin akan membantu agar kondisinya tidak bertambah parah.

Daftar Makanan dengan Asam Urat atau purin yang tinggi :

1. Jeroan

Jeroan adalah istilah untuk organ bagian dalam tubuh hewan, seperti hati, otak, usus, ginjal, dan sebagainya. Makanan seperti ati ampela memang enak. Namun, jeroan mengandung purin paling tinggi. Batasi konsumsinya agar terhindar dari asam urat. Untuk penderita asam urat, wajib menghindari konsumsi makanan jeroan ini.

2. Ikan Sarden dan Ikan Mackerel

Seafood atau makanan laut seperti ikan sarden dan ikan mackerel mengandung kadar purin yang tinggi. Walaupun dalam kadar tertentu ikan laut adalah makanan sehat, namun penderita asam urat sebaiknya menghindarinya. Begitu juga bagi yang mempunyai resiko asam urat, disarankan membatasi konsumsi jenis ikan ini. Jenis ikan laut lainnya yang mempunyai kadar purin tinggi adalah ikan kod, tuna, ikan teri, dan lain-lain.

3. Makanan laut lainnya seperti lobster, udang, cumi-cumi, remis, kerang, kepiting, dan sebagainya juga mengandung kadar purin tinggi. Oleh karena itu, wajib diperhatikan batasan konsumsinya.

4. Makanan yang sudah diolah seperti abon, dendeng, kornet, dan semacamnya.

Makanan yang diolah dari daging seperti abon, dendeng, atau olahan yang dikalengkan seperti kornet juga berpotensi mengandung purin tinggi. Sebaiknya, batasi atau hindari makanan jenis olahan seperti ini.

5. Air kaldu atau kuah daging kental

Air kaldu maupun kuah daging yang kental memang sedap di lidah. Namun penderita asam urat ataupun yang mempunyai resiko asam urat disarankan menghindarinya.

6. Alkohol

Minuman atau asupan apapun yang mengandung alkohol dapat menambah kadar asam urat. Bagi penderita asam urat, alkohol dapat membuat sakitnya lebih parah. Sehingga, minuman beralkohol seperti bir, wine, dan lain-lain harus dihindari.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung kadar purin tinggi. Contohnya kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kedelai, biji melinjo, dan olahannya seperti tauge. Jika orang yang menderita asam urat mengkonsumsinya, maka sakit pada persendiannya bisa makin menjadi.

8. Daging Unggas seperti Bebek, Angsa, Kalkun, dan Ayam.

Jenis daging unggas yang banyak digemari masyarakat di seluruh dunia ini juga mengandung kadar purin cukup tinggi. Oleh karena itu, wajib dibatasi konsumsinya.

9. Daging sapi, daging kambing, dan daging kuda.

Selain jeroannya, daging hewan seperti daging sapi, daging kambing, daging kuda, dan lain-lain juga mengandung kadar purin lumayan tinggi. Konsumsi protein hewani sebaiknya dibatasi hanya 600 gram/hari, tidak lebih.

10. Kopi dan Teh

Kopi, teh, dan minuman yang mengandung kafein tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal ini karena kafein dapat memperparah penumpukan asam urat dan membuat beban ginjal semakin berat.

11. Ragi

Ragi atau produk yang berasal dari fermentasi ragi bisa memperparah radang sendi atau asam urat. Sehingga, ragi dan makanan fermentasi seperti tape, juga harus dihindari.

12. Sayuran tertentu

Sayuran memang jenis makanan sehat. Namun, pada penderita asam urat, sayuran tertentu tidak boleh dikonsumsi. Contoh sayuran yang wajib dihindari penderita asam urat adalah buncis, asparagus, bayam, kembang kol, kangkung, daun singkong, dan daun pepaya.

13. Jamur

Jamur mengandung kadar purin cukup tinggi. Sehingga, termasuk makanan sehat yang dilarang saat menderita asam urat.

14. Minuman Bersoda

Minuman bersoda, seperti halnya minuman beralkohol dan minuman berkafein, wajib dihindari saat kadar asam urat sudah tinggi.

15. Gorengan

Makanan yang digoreng selain tidak sehat, juga harus dihindari penderita asam urat.

16. Masakan bersantan

Masakan bersantan tidak hanya buruk untuk penderita kolesterol tinggi. Penderita asam urat juga sebaiknya menghindarinya.

17. Produk olahan susu seperti keju dan es krim

Meskipun keju dan es krim adalah makanan favorit banyak orang, namun penderita asam urat sebaiknya membatasinya.

18. Buah-buahan tertentu, contohnya nanas dan durian juga mengandung purin tinggi.

Dari Tiens untuk mencegah dan mengobati asam urat anda bisa konsumsi jiang zhi tea. Jiang zhi tea merupakan teh hijau dari Tiens yang berfungsi dalam mendetoks tubuh dari racun, kolesterol serta asam urat. Produk ini bekerja dengan cara mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat, air seni dan feses. Produk ini sangat bagus bagi mereka yang terbiasa memakan makanan kolesterol tinggi serta asam urat tinggi.

Apakah Penyebab Terjadinya Asam Urat

Produk ini juga aman dikonsumsi karena telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan Halal MUI. Produk jiang zhi tea merupakan solusi terbaik untuk membantu menurunkan asam urat sekaligus kolesterol dan menurunkan berat badan.

Informasi detail tentang jiang zhi tea silakan buka link berikut :

Leave a Reply

%d bloggers like this: