Daftar 5 Makanan Yang Kaya Akan Zat Besi | Jual Produk Tiens Syariah

Daftar 5 Makanan Yang Kaya Akan Zat Besi

Home » Info Anemia » Daftar 5 Makanan Yang Kaya Akan Zat Besi
Daftar 5 Makanan Yang Kaya Akan Zat Besi

Salah satu penyebab utama penyakit anemia adalah kekurangan zat besi. Zat besi adalah salah satu nutrisi terpenting yang dibutuhkan tubuh agar tidak kekurangan sel darah merah. Secara umum, zat besi juga memiliki fungsi/kegunaan :

  1. Zat besi berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh sel-sel dan jaringan tubuh, sehingga organ tubuh berfungsi normal.
  2. Zat besi berfungsi membentuk hemoglobin dalam sel-sel darah.
  3. Zat besi berfungsi dalam suplai oksigen yang diperlukan dalam kontraksi otot, sehingga otot bekerja maksimal

Oleh karena itu, diperlukan asupan makanan kaya zat besi agar tubuh terhindar dari penyakit kurang darah atau anemia. Makanan apa saja yang kaya akan zat besi?

Pada dasarnya, sumber zat besi bisa diklasifikasikan ke dalam dua kelompok, yaitu :

  1. Zat besi yang bersumber dari hewan
    Zat besi yang bersumber dari hewan lebih mudah diserap oleh tubuh, dibanding zat besi yang bersumber dari tanaman.
  2. Zat besi yang bersumber dari tanaman. Zat besi yang bersumber dari tanaman akan diserap lebih cepat oleh tubuh, apabila dimakan bersama makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C.

Berikut Daftar makanan terbaik yang yang kaya akan zat besi :

# 1. Hati Ayam

Hati ayam mengandung 11 mg zat besi per porsinya, atau dalam 75 mg hati ayam terkandung 9,2 mg zat besi. Sepotong hati ayam panggang sebagai contohnya, dapat memenuhi 70 % kebutuhan zat besi harian. Oleh karena itu, hati ayam merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk tubuh.

# 2. Daging Sapi
Dalam 100 gram daging sapi, terkandung 2,8 mg zat besi. Untuk mengurangi resiko kolesterol, sebaiknya hilangkan lemak saat mengolah daging sapi menjadi masakan.

# 3. Telur

Telur adalah makanan yang kaya akan gizi, termasuk zat besi dan vitamin B yang dibutuhkan untuk kecukupan sel darah. Kandungan nutrisinya yang lengkap membuat telur ideal untuk banyak dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan merupakan menu ideal untuk sarapan.

#4. Bayam

Sayuran hijau memang kaya akan zat besi. Bayam adalah sayuran hijau yang paling terkenal akan kandungan zat besinya. Pastikan kita mengkonsumsi bayam minimal sekali seminggu. Selain zat besi, bayam juga kaya akan nutrisi lainnya lho.

#5. Kacang Kedelai

Tak bisa disepelekan, 100 gram kacang kedelai mengandung zat besi dalam jumlah cukup banyak, yaitu 10 mg. Selain zat besi, kacang kedelai juga kaya akan vitamin C dan E yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Untuk mengatasi sekaligus menghindari anemia, pastikan anda rajin mengkonsumsi makanan-makanan yang disebutkan di atas.

Untuk membantu mengatasi kekurangan dara atau Anemia, dari Tiens kami menyarankan untuk konsumsi produk zinc capsules. Zinc capsules kaya akan zat besi yang bersumber dari bahan alami dan sangat bagus untuk penderita anemia. Seperti yang kita ketahui, anemia atau kekurangan darah penyebab utamanya adalah kekurangan zat besi. Oleh sebab itu, agar penyakit ini tidak kambuh lagi maka tubuh memerlukan asupan nutrisi zinc capsules dari Tiens. Produk zinc capsules dari Tiens telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan Halal MUI. Produk ini bukan obat melainkan suplemen dan tidak memiliki efek samping karena terbuat dari bahan alami. Untuk info lebih detail silakan hubungi kami di 08-1950-1950-2 atau Line: @JualProdukTiensCom.

10 Cara Cepat Mengatasi Anemia Secara Alami

Informasi lainnya tentang anemia :

Leave a Reply

%d bloggers like this: