Informasi Seputar Apa Itu Asam Urat & Proses Terjadi nya | Jual Produk Tiens Syariah

Informasi Seputar Apa Itu Asam Urat & Proses Terjadi nya

Home » Informasi Asam Urat » Informasi Seputar Apa Itu Asam Urat & Proses Terjadi nya
Informasi Seputar Apa Itu Asam Urat & Proses Terjadi nya

Asam urat merupakan hasil akhir dari katabolisme (pemecahan) suatu zat bernama purin. Zat purin merupakan zat alami yang merupakan salah satu kelompok struktur kimia pembentuk DNA & RNA.

Ada dua sumber utama purin yakni purin yang diproduksi sendiri oleh tubuh dan purin yang didapatkan dari asupan makanan sel hidup seperti tanaman (sayur, buah, kacang kacangan) atau hewan (daging, jeroan dan ikan sarden). Purin yang berasal dari makanan merupakan hasil pemecahan nukleoprotein makanan yang dilakukan oleh dinding saluran cerna sehingga mengkonsumsi makanan tinggi purin akan meningkatkan kadar asam urat di darah.

Purin yang diproduksi oleh tubuh berjumlah 85%, untuk mencapai 100% tubuh manusia hanya memerlukan asupan purin dari luar tubuh (makanan) sebesar 15%. Ketika asupan purin dari makanan yang masuk kedalam tubuh melebihi 15% akan terjadi penumpukan zat purin. Akibatnya terjadilah asam urat. Jadi bisa dibayangkan ketika kita mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi seperti jeroan berapa banyak purin yang masuk ke dalam tubuh?

Beberapa jenis makanan dan minuman diketahui mengandung purin tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat adalah alkohol, ikan sarden, jeroan. Ikan sarden dan jeron merupakan makanan yang berpotensi besar mengakibatkan asam urat. Yang tergolong jeroan bukan saja usus melainkan semua bagian lain yang terdapat dalam tubuh hewan seperti jantung, babat, hati dan limpa.

Asam urat sebenarnya memiliki fungsi dalam tubuh yakni sebagai antioksidan dan bermanfaat dalam regenerasi sel. Setiap peremajaan sel kita membutuhkan asam urat. Jika tubuh kekurangan asam urat sebagai antioksidan makan akan banyak oksidan atau radikal bebas yang membunuh sel kita.

Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa setiap orang memiliki asam urat didalam tubuhnya dan ini merupakan hal yang normal. Metabolisme tubuh secara alami menghasilkan asam urat. Makanan yang dikonsumsi juga menghasilkan asam urat. Asam urat akan menjadi masalah jika kadar asam urat ini melewati batas normal.

Kadar normal asam urat pada wanita adalah 2.4-6 mg/dl dan pria 3-7mg/dl. Jika melebihi angka ini maka orang tersebut memiliki asam urat yang tinggi. Angka kejadian penyakit asam urat meningkat pada keadaan asam urat tinggi yaitu lebih dari 9mg/dl.

Asam urat hasil pemecahan purin, baik yang berasal dari tubuh maupun dari makanan beredar dalam darah untuk dibuang melalui saluran pencernaan dan kandung kemih. Asam urat  ini sangat mudah mengkristal bila purin tidak diproses (metabolisme) secara sempurna. Asam urat tidak bisa larut kembali kedalam darah . Jika kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal maka akan mengendap menjadi kristal urat dan masuk ke organ tubuh, khusus kedalam sendi.

Kristal urat ini akan menimbulkan radang atau inflamasi yang menyebabkan bengkak kemerahan dan rasa nyeri. Inilah proses terjadinya penyakit asam urat. Pengkristalan asam urat mudah terjadi ketika kadar asam urat telah mencapai 9-10mg/dl.

Kristal asam urat yang terbentuk pada jaringan lunak menimbulkan benjolan benjolan kecil yang kadang dapat hilang dengan sendirinya. Benjolan ini sering dijumpai pada daun telinga, permukaan dalam lengan bawah, permukaan depan tungkai bawah, sekitar persendian pada jari jari, siku dan seputar tumit. Penumpukan kristal asam urat jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit dan peradangan yang nyata.

Asam urat yang menyebabkan nyeri adalah apabila kristal tersebut berada didalam cairan sendi. Penumpukan pada bagian ini menyebabkan rasa nyeri saat berjalan, peradangan, kemerahan dan setelah rasa sakit berkurang permukaan kulit mengelupas.

Pada umumnya penyakit asam urat ini disebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat yang telah berlangsung bertahun tahun. Kadar asam urat yang terus menerus tinggi mengakibatkan penyakit gout kronis. Rematik gout akut terjadi karena fluktuasi atau naik turunnya kadar asam urat darah secara tiba tiba. inilah yang menyebabkan lambatnya proses penyembuhan.

Untuk membantu menyembuhkan asam urat, tiens menyediakan produk teh hijau Jiang zhi tea yang sangat bagus dalam menurunkan asam urat serta kolesterol tinggi. Jiang zhi tea tiens telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan halal MUI sehingga aman untuk dikonsumsi. Produk ini juga sangat bagus bagi mereka yang ingin diet.

Untuk keterangan lengkap dan pembelian silakan hubungi kami di08-1950-1950-2 atau 5FE7E6BC (PinBB) atau Line: @JualProdukTiensCom. Informasi detail tentang jiang zhi tea silakan buka link sebagai berikut :

Leave a Reply

%d bloggers like this: