Gejala Penyakit Kista Pada Ginjal | Gejala Kista Dalam Ginjal | Kista Ginjal Bisa Sembuh | Jual Produk Tiens Syariah

Gejala Penyakit Kista Pada Ginjal

Home » Info Seputar Penyakit Ginjal » Gejala Penyakit Kista Pada Ginjal
Gejala Kista Pada Ginjal

Kista ginjal adalah kantong, biasanya berbentuk bulat atau oval, berisi cairan yang terbentuk di dalam ginjal. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang berusia lanjut. Kondisi ini mungkin terkait dengan kelainan serius yang bisa mengganggu fungsi ginjal di dalam tubuh.

Sebagian besar kasus kista ginjal bersifat jinak atau tidak menyebabkan kanker dan jarang sekali terjadi komplikasi akibat kondisi ini. Kista ginjal jenis ini dikenal dengan istilah kista ginjal sederhana.

Kista ginjal sederhana biasanya tidak memunculkan tanda atau gejala, dan tidak memerlukan pengobatan. Oleh karena itu, kista ginjal sederhana umumnya terdeteksi saat dilakukan tes pencitraan untuk kondisi medis lainnya. Pada umumnya hanya ada satu kista yang muncul di dalam ginjal. Penyebab kista ginjal sederhana hingga kini masih belum bisa dipastikan.

Selain kista ginjal sederhana, terdapat juga penyakit ginjal polikistik. Ini adalah kondisi adanya beberapa kista yang muncul di ginjal. Kista jenis ini juga tidak menimbulkan kanker atau bersifat jinak. Penyakit ginjal polikistik biasanya merupakan penyakit keturunan.

Gejala Kista Ginjal

Kista ginjal sederhana biasanya tidak menimbulkan tanda atau gejala tertentu. Gejala akan muncul ketika kista tumbuh cukup besar, yaitu:

  1. Terjadinya infeksi yang menimbulkan demam, menggigil, atau gejala infeksi lainnya.
  2. Rasa sakit atau nyeri yang muncul pada punggung, bagian samping (antara tulang rusuk dan pinggul), atau perut bagian atas jika kista mengalami pembengkakan dan menekan organ lainnya.
  3. Sering buang air kecil.
  4. Darah dalam urine atau urine berwarna gelap.
  5. Fungsi ginjal yang menurun, meski ini jarang sekali terjadi.

Berikut ini adalah gejala yang terjadi pada penyakit ginjal polikistik:

  1. Sakit pada salah satu atau kedua ginjal karena terjadinya pembengkakan.
  2. Terdeteksinya protein dalam urine.
  3. Darah dalam urine, kondisi ini bisa muncul dan menghilang karena salah satu atau beberapa kista mengalami pendarahan.
  4. Batu ginjal yang bisa menimbulkan rasa sakit parah saat terdapat batu menghalangi ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih). Jika batu berukuran kecil maka tidak akan menimbulkan gejala sama sekali.
  5. Hipertensi.
  6. Infeksi ginjal yang muncul kembali.
  7. Muncul rasa sakit dan/atau pembengkakan pada bagian perut.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas yang mungkin terkait dengan kista ginjal, Anda disarankan segera menemui dokter.

Penyebab Kista Ginjal

Penyebab kista ginjal sederhana masih belum dipahami sepenuhnya. Ketika dinding lapisan ginjal mulai melemah dan terbentuk kantong, kantong tersebut akan terisi cairan hingga terlepas dan menjadi kista. Ini adalah salah satu teori yang diduga menjelaskan munculnya kista ginjal.

Penyakit ginjal polikistik sendiri merupakan penyakit keturunan. Penyebabnya terdapat satu atau beberapa gen yang cacat di dalam tubuh, sehingga memunculkan kista di dalam ginjal.

Terdapat faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kista ginjal. Faktor usia dan jenis kelamin termasuk diantaranya. Orang yang berusia di atas 50 tahun mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami kista ginjal sederhana.

Diagnosis Kista Ginjal

Berikut ini adalah tes yang dilakukan untuk membantu mendiagnosis kista ginjal:

  1. Tes Pencitraan
    Diagnosis terhadap kista ginjal biasanya terjadi secara kebetulan melalui tes pencitraan untuk memeriksa kondisi medis lainnya karena biasanya kista ginjal tidak memunculkan tanda atau gejala apa pun. Tes pencitraan yang bisa mendeteksi adanya kista ginjal adalah ultrasound, CT scan, dan MRI. Dengan tes pencitraan, dokter bisa menentukan apakah ada kista atau tumor pada ginjal.
  2. Tes Darah
    Sampel darah akan diambil untuk dilakukan pengujian di laboratorium guna mengetahui apakah kista ginjal yang muncul memengaruhi fungsi ginjal secara umum.
  3. Tes Urine
    Sampel urine akan diambil untuk dilakukan pengujian, apakah terdapat kandungan darah atau protein di dalam urine.

Dari Tiens, untuk menjaga kesehatan ginjal kami menyarankan untuk konsumsi muncord capsules. Muncord atau Cordycep Mycellium berasa hambar bersifat hangat, berfungsi sama seperti gingseng, meningkatkan energy baik untuk paru-paru maupun ginjal.

Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Sakit Ginjal

Muncord Capsules, Berkhasiat untuk memperbaiki, menyehatkan, mengembalikan fungsi organ ginjal, dan membantu mengeluarkan batu ginjal. Bagi anda yang memiliki gangguan pada ginjal kami sangat sarankan untuk menggunakan produk ini.

Informasi Detail Tentang Muncord Capsules Tiens :

Informasi Seputar Ginjal lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: