Penjelasan lengkap Hormon Pertumbuhan HGH atau Human Growth Hormone | Kegunaan , gejala kekurangan, cara mengobati | Jual Produk Tiens Syariah

Apa Itu Hormon Pertumbuhan HGH atau Human Growth Hormone ?

Home » Info Seputar Tinggi Badan dan Produk Tiens Terkait » Apa Itu Hormon Pertumbuhan HGH atau Human Growth Hormone ?
apa itu hormon pertumbuhan atau HGH

Hormon pertumbuhan (human growth hormon) dikenal juga dengan nama Somatotropin atau Human Growth Hormone adalah sejenis peptida yang bisa merangsang pertumbuhan, memproduksi sel, serta membantu meregenerasi sel.

Dengan demikian, hormon ini sangat penting peranannya dalam pertumbuhan manusia agar mereka bisa tumbuh tinggi. Apabila kekurangan hormon pertumbuhan, manusia akan terlihat kerdil dan sulit mengembangkan serta membangun tulang dan otot. Akibatnya, mereka akan tampak kerempeng.

Secara garis besar, hormon pertumbuhan terdiri atas:

  1. 191 Asam Amino dalam rantai tunggal polipeptida yang disintesis, disimpan, dan disekresikan oleh sel-sel somatotropindi dalam sayap kelenjar lateral hipofisis anterior.
  2. Hormon stres yang menimbulkan konsentrasi glukosa dan asam lemak bebas yang dapat merangsang produksi IGF-1 (Insulin-Like Growth Factor), yaitu sejenis insulin yang mempengaruhi pertumbuhan.

Penggunaan HGH

Dewasa ini para ahli kesehatan mengembangkan somatropin yaitu sejenis rekombinasi bentuk Human Growth Hormone yang digunakan sebagai obat untuk mengobati anak-anak yang mengalami gangguan pertumbuhan serta orang dewasa yang mengalami kekurangan (defisiensi) hormon pertumbuhan.

Namun selain untuk membantu tubuh tumbuh lebih tinggi, HGH ini juga sering diresepkan oleh dokter untuk:

  • Meningkatkan vitalitas Atau mengobati disfungsi ereksi.
  • Obat awet muda karena dipercaya bisa membantu memperlambat penuaan.
  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Membantu mempercepat regenerasi tulang
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menguatkan tulang
  • Mengurangi resiko penyakit kardiovaskular
  • Mengatasi obesitas
  • Memperbaiki mood dan fungsi kognitif
  • Meningkatkan kualitas tidur

Hormon pertumbuhan alami pada manusia

Pada manusia, hormon pertumbuhan mereka secara alami diproduksi di kelenjar hipofisis. Hormon ini memainkan peranan penting dalam regenerasi sel, pertumbuhan sel, dan membantu mempertahankan agar jaringan tetap sehat, termasuk juga membantu pertumbuhan dan melindungi otak serta berbagai organ vital.

Setelah disekresi, hormon pertumbuhan tersebut masih tetap aktif di dalam aliran darah selama beberapa menit. Walaupun aktif hanya beberapa menit saja, namun itu sudah cukup bagi (organ) hati untuk mengubahnya menjadi hormon pertumbuhan serta menjadi Insulin-Like Growth Factor (IGF-1).

Seperti yang telah dijelaskan di atas, IGF-1 merupakan salah satu faktor penting yang bisa mempengaruhi pertumbuhan manusia dan mempengaruhi pertumbuhan sel di dalam tubuh.

Apa yang terjadi apabila anak mengalami kekurangan hormon pertumbuhan?

Dalam beberapa kasus, manusia bisa mengalami kekurangan hormon pertumbuhan sehingga tubuhnya tidak bisa tumbuh tinggi.

Faktor penyebab kekurangan hormon pertumbuhan umumnya terjadi akibat kelenjar pituitari yang tidak menghasilkan hormon pertumbuhan dalam jumlah cukup. Kondisi ini lebih sering dialami oleh anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa.

Kelenjar pituitari

HGH hormon pertumbuhan

hormon pertumbuhan dihasilkan di kelenjar ptituary

Kelenjar pituitari adalah kelenjar kecil seukuran kacang polong yang terletak di dasar tengkorak dan mengeluarkan 8 jenis hormon. Hormon tersebut akan mengontrol aktivitas tiroid dan suhu tubuh.

Menurut para ahli kesehatan gangguan hormon pertumbuhan bisa terjadi pada 1 dari 7.000 kelahiran. Kondisi ini merupakan gejala dari beberapa penyakit genetik termasuk Sindrom Turner dan Sindrom Prader-Willi.

Apabila Anda menemukan anak Anda tidak mengalami pertumbuhan yang normal dan tidak mengalami perkembangan berat badan sesuai dengan standar pertumbuhan anak, hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa anak mengalami defisiensi hormon pertumbuhan.

Gejala defisiensi / Kekurangan hormon pertumbuhan

Tanda-tanda dan gejala kekurangan (defisiensi) hormon pertumbuhan bervariasi tergantung dari usia. Anak-anak biasanya memiliki gejala yang perbedaan dibandingkan dengan orang dewasa.

Pada anak-anak, gejala yang paling mudah terlihat adalah, mereka mengalami masalah pertumbuhan yang sangat signifikan sehingga mereka bertubuh pendek, kurus, dan mengalami masalah berat badan.

Umumnya, mereka tumbuh kurang dari 5,08 cm per tahun. Karena normalnya, anak-anak bisa tumbuh 6.35 cm per tahun dimulai dari usia 1 tahun sampai mereka mengalami pubertas. Maksimal, anak-anak bisa tumbuh hingga 10.16 cm per tahun.

apa itu hgh atau human growth hormone atau hormon pertumbuhan

perhatikan perkembangan tinggi anak, tinggi anak yang pendek dan tidak ideal di usianya merupakan salah satu pertanda hormon pertumbuhan bermasalah

Namun perlu diingat, kekurangan hormon pertumbuhan tidak berdampak pada kecerdasan anak sehingga mereka tetap bisa memiliki otak yang cemerlang.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah poin-poin gejala atau tanda-tanda kekurangan hormon pertumbuhan pada anak.

Gejala kekurangan hormon pertumbuhan pada anak

  1. Tinggi badan lebih pendek dari teman sebayanya
  2. Wajah terlihat lebih muda dari anak-anak sebayanya.
  3. Terlambat mengalami pubertas, atau bahkan ada yang tidak mengalami pubertas sama sekali.
  4. Mengalami peningkatan jumlah lemak di sekitar perut dan wajah.
  5. Dahi menonjol.
  6. Pertumbuhan rambut yang lambat.

Gejala kekurangan hormon pertumbuhan pada orang dewasa

  1. Rambut rontok
  2. Depresi
  3. Disfungsi seksual
  4. Kekuatan dan massa otot menurut
  5. Hilang ingatan
  6. Sulit berkonsentrasi
  7. Kulit kering
  8. Mengalami peningkatan produksi trigliserida di dalam tubuh
  9. Mudah lelah
  10. Mengalami peningkatan resiko terkena penyakit kardiovaskular
  11. Mengalami peningkatan kolesterol buruk (LDL)
  12. Resistensi insulin
  13. Kepadatan tulangnya berkurang
  14. Sensitif terhadap temperatur
  15. Mudah mengalami peningkatan berat badan dan penumpukan lemak, terutama di area pinggang.

Mengobati kekurangan hormon pertumbuhan

Sejak pertengahan tahun 1980-an telah dikembangkan Human Grown Hormon (HGH) sintetis yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi atau mengobati anak-anak dan orang dewasa yang mengalami defisiensi hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan tersebut diberikan melalui suntikan pada:

  • Jaringan lemak tubuh
  • Di belakang lengan
  • Paha, atau bisa juga pada
  • Bokong

Beberapa efek samping yang biasanya muncul adalah:

  • Efek samping ringan berupa warna kemerah-merahan pada tempat yang disuntik
  • Sakit kepala
  • Nyeri pinggul
  • Tulang belakang melengkung (skoliosis)

Pengobatan pada anak-anak biasanya dilakukan sampai mereka mencapai usia pubertas. Karena biasanya, banyak anak-anak yang hanya memiliki sedikit hormon pertumbuhan pada saat masih kecil, namun mengalami peningkatan hormon pertumbuhan secara signifikan ketika mereka memasuki usia dewasa.

Solusi herbal untuk atasi kekurangan HGH : Zinc capsules Tiens

Hormon pertumbuhan HGH

Zinc capsules tiens merupakan produk kesehatan dari Tiens yang berperan dalam optimalkan kerja hormon pertumbuhan (HGH). Produk ini telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan halal MUI. Cocok dikonsumsi untuk anak anak dalam masa pertumbuhan agar lebih tinggi dan juga bagi dewasa.

Penjelasan lengkap tentang zinc tiens silakan klik link berikut ini : zinc tiens

Untuk konsultasi seputar HGH / info produk zinc silakan hubungi admin kami di :

+628-1950-1950-2 (sms/WA) atau D6462022 (PinBB) Atau Bagi pengguna smartphone silakan klik salah satu tombol di bawah ini agar langsung terhubung dengan WA, Line atau BBM Kami

informasi tiens lainnya :

 

Leave a Reply

[i]
[i]
%d bloggers like this: