Apa Sajakah Kebutuhan Gizi Ibu Hamil ? | Jual Produk Tiens Syariah

Apa Sajakah Kebutuhan Gizi Ibu Hamil ?

Home » Nutrisi Ibu Hamil » Apa Sajakah Kebutuhan Gizi Ibu Hamil ?
Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Agar perkembangan janin berjalan dengan baik, dan ibu hamil dapat menjalani hari-hari kehamilannya dengan sehat,maka Apa Sajakah Kebutuhan Gizi untuk Ibu Hamil ? dalam mengonsumsi makanan yang harus mengandung gizi sebagai berikut:

Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

# Nutrisi Untuk Ibu Hamil : Asam Folat

Janin sangat membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak guna pembentukan sel dan sistem syaraf. Selama trimester pertama janin akan membutuhkan tambahan asam folat sebanyak 400 mikrogram per harinya. Asam folat yang bisa di dapat pada buah-buahan, beras merah dan sayuran hijau, taoge, brokoli serta sereal. Departmen kesehatan merekomendasikan perempuan untuk mengkonsumsi suplemen harian 400 mikrogram asam folat (dikenal juga sebagai B9) ketika 12 minggu pertama kehamilan. Setiap ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi asam folat karna perannya sangat penting untuk ibu hamil. Adapun peran asam folat adalah sbb :

  • Melakukan proses produksi DNA pada janin sehingga tumbuh kembangnya janin menjadi optimal.
  • Mengurangi resiko terjadinya preeklampsia, yaitu gangguan kesehatan yang bisa mempengaruhi kesehatan mama dan bayinya
  • Membentuk sel darah merah normal pada ibu hamil.

# Nutrisi Untuk Ibu Hamil : Protein

Protein memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan sang janin. Manfaat protein bagi ibu hamil adalah sebagai berikut :

  • Protein membantu mengoptimalkan pertumbuhan bayi dan janin
  • Volume darah meningkat saat hamil, protein dapat membantu sel darah merah yang dibutuhkan tersebut.
  • Protein diperlukan oleh ibu hamil dan kandungannya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selain menjadi sumber bagi kalori dan zat pembangun, pembentukan darah dan sel merupakan salah satu fungsi protein. Protein dibutuhkan oleh ibu hamil dengan jumlah sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging dan tahu. Bagi yang ingin mengetahui peran penting protein untuk ibu hamil, silakan buka link berikut ini :

# Nutrisi Untuk Ibu Hamil : Kalsium

Berfungsi dalam pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin. Dengan ada kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Kenapa hal ini bisa terjadi? karena jika ibu hamil tidak memiliki kalsium yang cukup, maka kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari tulang ibunya. Kekurangan kalsium pada ibu hamil akan berdampak dalam jangka panjang. Bagi wanita yang telah beberapa kali hamil dan kekurangan kalsium, maka pada usia tua wanita ini sangat rentan akan osteoporosis. Kebutuhan kalsium wanita hamil adalah 1200 mg per hari yang bisa didapatkan dari susu, yogurt, susu kedelai, keju, ikan salmon, sereal, gandunm serta berbagai macam sayuran, biji bijian dan aneka jenis ikan. Bagi sang calon bayi, kekurangan kalsium akan berdampak setelah kelahiran. Pada bayi yang kekurangan kalsium akan berdampak pada pertumbuhan yang lambat, tinggi badan tidak optimal serta daya tangkap yang kurang. Dengan pentingnya peranan kalsium maka pastikan untuk memenuhi asupan kalsium untuk ibu hamil setiap harinya.

# Nutrisi Untuk Ibu Hamil : Zat Besi

Berfungsi di dalam pembentukan darah terutama membentuk sel darah merah hemoglobin dan mengurangi resiko ibu hamil terkena anemia. Zat besi akan diperlukan pada saat kehamilan memasuki usia 20 minggu. Kebutuhan akan zat besi sebanyak 30 mg per harinya. Zat besi dapat diperoleh pada hati, daging atau ikan. Untuk keterangan lengkap tentang peranan zat besi untuk ibu hamil silakan buka link berikut ini :

Zat-zat diatas sangat diperlukan oleh ibu hamil. Yang perlu diingat, janganlah memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi karena kuantitas, tapi gizi yang berkualitas dengan komposisi yang berimbang dan cukup, itu yang terpenting. Informasi terkait lainnya :

Permohonan Penulis :

Jika anda mendapatkan informasi ¬†berharga dari artikel ” Kebutuhan Gizi Ibu Hamil ”¬†ini, maka tolong bantu share, like atau tweet ya dengan tombol yang ada disamping artikel ini. Terima kasih

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: