Apakah Penyebab Keputihan Saat Hamil ? | Jual Produk Tiens Syariah

Penyebab Keputihan Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasi

Home » Keputihan » Penyebab Keputihan Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasi
Keputihan Saat Hamil

Keputihan memang kerap terjadi selama masa kehamilan.Hal ini dapat dikatakan wajar. Meskipun demikian seseorang harus mengetahui betul apa itu keputihan sehingga bisa mengidentifikasi faktor penyebab keputihan saat hamil yang ia alami. Sehingga kemudian dapat dilakukan tindakan kewaspadaan berikutnya.


Penyebab Keputihan Saat Hamil Muda

1. Infeksi atau peradangan yang diakibatkan oleh bakteri, parasit, atau pun jamur. Infeksi vagina yang paling sering terjadi pada ibu hamil ialah infeksi jamur.

2. Infeksi virus dari jenis Human Papilloma Virus (HPV) yang menimbulkan kutil-kutil di sekitar alat kelamin.

3. Keganasan kanker leher rahim.

4. Penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual , seperti Gonorhoe (GO) dan sifilis.

5. Tanda akan lahir , berupa gumpalan lendir tebal akibat keluarnya sumbat mulut rahim.

Kelima hal diatas merupakan faktor penyebab keputihan saat hamil. Untuk mengetahui apakah keputihan yang ibu hamil alami itu berbahaya atau tidak maka perlu mengetahui kapan atau waktu keputihan itu harus diwaspadai, yaitu apabila:
1. Lendir kental dan lengket.

2. Lendir berwarna kehijauan atau kekuningan, bahkan sampai kemerahan atau kecokelatan.

3. Berbau tidak enak dan menyengat.

4. Daerah di sekitar vagina berwarna kemerahan dan terasa gatal.

Jika keempat tanda itu muncul maka kita dapat memprediksi kemungkinan faktor penyebab keputihan yang terjadi pada ibu hamil.Sehingga kita perlu waspada dan segera melakukan tindakan lanjutan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi atau Mengobati keputihan Saat Hamil

Masalah keputihan sering dialami oleh wanita hamil. Keputihan pada wanita hamil disebabkan oleh perubahan hormonal pada tubuh wanita hamil. Perubahan hormonal tersebut  memicu peningkatan produksi cairan dan menurunkan tingkat keasaman pada kelamin, serta mendorong terjadinya perubahan kondisi sistem pencernaan ibu hamil. Semua hal tersebut mendorong terjadinya keputihan yang belrlebih pada wanita yang sedang hamil.

Keputihan yang terjadi pada saat hamil dapat menyebabkan berbagai infeksi, yaitu diantaranya infeksi jamur Candida, infeksi virus HPV, infeksi Chlamydia, dan infeksi bakteri Neisserea Gonorrhoeae. Oleh sebab itu perlu diketahui Bagaimanakah cara mengobati keputihan saat hamil? sedini mungkin agar keputihan tersebut tidak menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan janin.

Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk mengobati keputihan saat hamil:

# Cara Mengobati 1 : Penggunaan Celana Dalam

Gunakancelana berbahan katun yang mudah meyerap keringat. Bila celana dalam menjadi lembab atau basah (karena wanita hamil menjadi lebih sering buang air kecil) maka gantilah dengan celana yang bersih dan kering.

# Cara Mengobati 2 : Menjaga Kebersihan Vagina.

Adapun cara menjaga kebersihan vagina dapat dilakukan dengan selalu membersihkan dan mengeringan daerah kewanitaan setiap selesai buang air kecil atau besar dan disarankan untuk tidak membersihakan vagina dengan menggunakan pembersih kelamin yang mengandung antiseptik. Jangan lupa juga agar senantiasa memperhatikan arah basuh kemaluan yang benar yaitu dari arah depan kebelakang. Hal ini untuk menghindari infeksi mikroorganisme yang berasal dari dubur.

Untuk informasi lebih lengkap tentang vagina silakan buka link berikut :

# Cara Mengobati 3 :Hindari pemakaian pantyliner.

Pada umumnya pantyliner terbuat dari  bahan kapas  yang dapat membuat bakteri berkembang.

# Cara Mengobati 4 : Hindari mandi berendam dengan air hangat dan panas.

Jamur yang menyebabkan keputihan lebih mungkin tumbuh di kondisi hangat.

# Cara Mengobati 5 : Hindari menggunakan sabun mandi atau pembersih kewanitaan yang bersifat antiseptik.

Lebih baik bersihkan area kewanitaan dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

Bagi anda wanita hamil yang tengah mengalami keputihan disarankan untuk mengaplikasikan langkah-langkah diatas.  Untuk mengobati dan tindakan lebih lanjut silakan hubungi dokter terdekat.

Jika anda saat ini dalam masa kehamilan, tentu anda memerlukan gizi dan nutrisi yang cukup agar anda dan calon bayi dapat tumbuh secara sehat. Pada saat kehamilan, tubuh memerlukan kalsium, protein, zat besi , serat vitamin yang cukup untuk dapat menjaga kualitas kehamilan anda. Dari Tiens kami menyediakan nutrisi ini untuk anda. Kami memiliki produk berkualitas untuk ibu hamil yang sangat bagus dalam menunjang kehamilan anda. Produk dari Tiens telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan Halal MUI sehingga aman untuk dikonsumsi. Telah banyak konsumen kami merasakan khasiat produk ini, untuk keterangan lengkap silakan buka link berikut untuk mengetahui nutrisi ibu hami tiens secara detail :

Informasi lengkap tentang keputihan dari sumber lain silakan buka di :

Informasi Terkait Lainnya :

Permohonan Penulis :

Jika anda mendapatkan informasi berharga dari artikel “Penyebab Keputihan Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasi” ini, maka tolong bantu share, like atau tweet ya dengan tombol yang ada disamping artikel ini. Indahnya berbagi..Terima kasih

Leave a Reply

%d bloggers like this: