Minum Kopi Saat Hamil, Apakah Aman ? | Jual Produk Tiens Syariah

Minum Kopi Saat Hamil, Apakah Aman ?

Home » Nutrisi Ibu Hamil » Minum Kopi Saat Hamil, Apakah Aman ?
Minum Kopi Saat Hamil, Apakah Aman

“Saya minum kopi supaya tetap bersemangat sepanjang hari, apakah saya harus menghindarinya ketika hamil ?”

Tidak perlu membuang kartu anggota gerai kopi favorit anda, meskipun anda sebaiknya tidak tidak terlalu sering untuk mengeluarkannya.

Sebagian besar bukti menyatakan bahwa mengkonsumsi 200 mg kafein sehari ketika hamil dianggap aman. Bergantung pada jenis kopi kegemaran anda (kopi hitam atau kopi susu), maksimal anda sebaiknya hanya mengkonsumsi sekitar dua cangkir (450 ml) sehari. Artinya, anda tetap dapat menyemangati diri anda seperti biasa.

Kenapa hanya dua cangkir ? salah satu penyebabnya adalah semua yang anda makan dn diminum ketika hamil juga dimakan dan diminum oleh bayi anda. Kafein (tidak hanya terdapat dalam kopi, tetapi juga terkandung dalan makanan/minuman lainnya) dapat menembus plasenta-meskipu seberapa besar kafein dapat berpengaruh pada janin masih belum jelas. Informasi terbaru menyatakan bahwa asupan kafein berlebihan pada awal kehamilan sedikit meningkatkan resiko keguguran.

Memang banyak kisah seputar kafein ini. Kafein memang memiliki kekuatan untuk membangkitkan semangat tetapi dalam dosis besar, konsumsi kafein akan mengakibatkan frekuensi buang air kecil semakin sering. Dampaknya, zat gizi dan nutrisi yang masuk kedalam tubuh seperti kalsium dan zat gizi lainnya akan terbuang sebelum dapat terserap sepenuhnya. Selain itu, minum kopi akan membuat wanita hamil akan sering buang air kecil, yang merupakan hal yang paling tidak diharapkan oleh wanita hamil (karena kehamilan sendiri akan membuat wanita hamil lebih sering  buang air kecil)

Efek lain dari kafein pada wanita hamil adalah daya rangsang kafein akan memperparah gejolak hormon ketika hamil. Gejolak hormom pada wanita hamil akan mengakibatkan perubahan suasana hati yang bergejolak, minum kafein akan memperparahnya. Kafein juga akan membuat anda lebih susah beristirahat dan mengganggu penyerapan zat besi yang mutlak diperlukan oleh ibu hamil.

Para dokter dan bidan menyampaikan anjuran yang berbeda beda mengenail konsumsi kafein. Maka tanyakanlah kepada dokter atau bidan langganan anda tentang batas normal konsumsi kafein. Ingatlah bahwa menghitung konsumsi kafein tidak semudah menghitung jumlah cangkir yang anda minum, karena kafein tidak hanya terdapat di dalam kopi saja. Anda pun perlu mengetahui bahwa kopi instan mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi tetes (drip coffe).

Kopi, Coklat, Teh, Minuman berenergi, ice cream merupakan beberapa contoh dari makanan dan minuman yang mengandung kafein (meskipun kandungan kafein tidak sama setiap produk)

Bagaimana anda mengurangi atau menghentikan konsumsi kafein berlebihan? Tergantung pada fungsi kafein bagi anda. Jika kafein merupakan bagian dari kehidupan anda-misalnya sebagai penghilang kantuk, teman saat bekerja atau pelengkap meja komputer-yang tidak sulit untuk ditinggalkan anda tidak perlu menghentikan kebiasaan itu. Buatlah kopi pada pagi hari seperti biasa dan gantilah dengan kopi tanpa kafein pada sore hari, atau pesanlah caffe latte rendah kafein atau dengan lebih sedikit espresso dan lebih banyak susu (sehingga anda memperoleh lebih banyak tambahan kalsium).

Jika anda kecanduan dan tubuh anda telah terbiasa dengan kopi maka sangat sulit menguranginya. Seperti yang diketahui setiap penikmat kopi, keinginan untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi kafein tidak mudah ditindaklanjuti dengan perbuatan. Kafein dapat menyebabkan kecanduan sehingga menghentikan asupan kafein akan berdampak pada sakit kepala, mudah marah, lelah dan lemas. Maka untuk kasus ini lakukanlah pengurangan secara bertahap, misalnya mengurangi satu cangkir saja setiap hari dan berikan waktu beberapa hari bagi tubuh untuk menyesuaikan diri sebelum mengurangi secangkir lagi.

Berikut langkah langkah detail dalam mengurangi atau menghentikan konsumsi kafein:

  • Jaga kadar gula darah anda tetap tinggi sehingga tubuh tetap terasa berenergi. Anda akan memperoleh pembangkit tenaga alami yang bekerja lebih lama dengan mengkonsumsi makanan dan camilan yang menyehatkan terutama karbohidrat komplek dan protein.
  • Melakukan senam hamil setiap hari akan membantu meningkatkan energi sehingga pelan pelan tubuh terlepas dari kecanduan kafein.
  • Tidur yang cukup agar tubuh segar dan anda tidak memerlukan kafein di pagi harinya.

Jadi sekarang yang perlu anda lakukan adalah jangan berlebihan dalam konsumsi kafein, jika bisa mulailah untuk menghentikannya pelan pelan. Dengan menjaga nutrisi yang masuk kedalam tubuh maka anda dan calon bayi akan terlahir sehat seperti yang anda harapkan.

Jika anda saat ini hamil tentu anda memerlukan sumber gizi yang berkualitas. Pada saat kehamilan anda memerlukan kalsium, protein, zat besi , serat vitamin yang cukup untuk dapat menjaga kualitas kehamilan anda. Dari Tiens kami menyediakan nutrisi ini untuk anda. Kami memiliki produk berkualitas untuk ibu hamil yang sangat bagus dalam menunjang kehamilan anda. Produk dari Tiens telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan Halal MUI sehingga aman untuk dikonsumsi. Telah banyak konsumen kami merasakan khasiat produk ini, untuk keterangan lengkap silakan buka link berikut untuk mengetahui nutrisi ibu hami tiens secara detail :

Jadi, apa jawaban dari pertanyaan ” Minum Kopi Saat Hamil, Apakah Aman ? ” jawabannya adalah boleh jika dalam jumlah yang wajar dan jangan berlebiha. Tetapi semuanya tentu memerlukan konsultasi dengan dokter anda karna mereka lah yang paling tahu kondisi anda saat ini.

Informasi Seputar Kehamilan Lainnya :

Permohonan Penulis :

Jika anda merasakan informasi pada artikel ” Minum Kopi Saat Hamil, Apakah Aman ? ” bermanfaat, kami tolong bantu share, like atau tweet ya dengan tombol yang ada disamping. Indahnya berbagi..Terima kasih

Leave a Reply

%d bloggers like this: