10 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Yang Mesti Anda Ketahui | Jual Produk Tiens Syariah

10 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Yang Mesti Anda Ketahui

Home » Nutrisi Ibu Hamil » 10 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Yang Mesti Anda Ketahui
Mitos Seputar Kehamilan

Selama masa kehamilan menggali informasi lebih banyak tentang hal-hal baik yang harus dilakukan memang baik.Apalagi jika informasi tersebut berkaitan dengan nutrisi dan perkembangan bayi dalam kandungan.Meskipun demikian, sebagai ibu hamil sebaiknya jangan langsung percaya dengan mitos-mitos dan menerima setiap informasi yang masuk.Terlebih lagi jika informasi tersebut berasal dari mulut ke mulut dan belum diketahui secara pasti kebenarannya.

Memang di masyarakat banyak beredar beberapa mitos seputar kehamilan yang sebaiknya harus kita waspadai dan jangan langsung dipercaya.Oleh karena itu, Jangan Percaya Mitos-Mitos Seputar Kehamilan berikut menurut Buku Expecting Better: Why the Conventional Pregnancy Wisdom Is Wrong! Dari detikhealth (2013) dan Kompas.com:

Mitos Mitos Seputar Kehamilan :

1. Hubungan seks saat hamil bisa menyakiti bayi

Fakta:Menurut Shari Brasner, seorang professor dari Mount Sinai School of Medicine di New York City dan anggota dewan penasihat ahli Kesehatan Wanita, hubungan seks seharusnya tidak mempengaruhi janin kecuali jika kondisi janin berada diantara serviks dan vagina.

2. Tidak bisa melahirkan normal jika sebelumnya melahirkan secara Caesar

Fakta: Profesor juga menambahkan bahwa meskipun bukti menunjukan bahwa melahirkan normal lebih beresiko dibanding mengulang Caesar, pilihan ini adalah pilihan wajar yang bisa dikonsultasikan kepada dokter.

3. Bentuk perut berhubungan dengan jenis kelamin bayi

Fakta: Perbedaan ukuran perut ini dipengaruhi oleh otot uterus (rahim) dan juga posisi bayi, bukan jenis kelaminnya.Oleh karenanya, bentuk perut tidak memiliki hubungan sama sekali dengan jenis kelamin bayi sehingga kita tidak dapat menentukan jenis kelamin bayi hanya dengan melihat bentuk perut. Jangan Percaya Mitos-Mitos Seputar KehamilansepertiBentuk perut berhubungan dengan jenis kelamin bayi

4. Saat hamil, makan itu sama dengan untuk dua orang

Fakta: Pertumbuhan bayi dalam kandungan tidak membakar kalori sebanyak yang kita pikir. Jangan terlalu makan berlebihan karena akan membuat penambahan berat badan terlalu tinggi. Intinya jika sudah memenuhi kebutuhan makan yang seimbang tinggal ditambah dengan makanan selingan dua kali sehari.

5. Menyusui merupakan cara terbaik untuk mencegah kehamilan

Faktanya: Seorang ibu menyusui biasanya memiliki tingkat ovulasi yang lebih rendah dibanding seorang ibu yang tidak menyusui. Namun setelah melahirkan, ovulasi bisa kapan saja terjadi dan menyebabkan kehamilan.

6. Bercinta setiap hari akan menurunkan jumlah sel sperma sehingga mempersulit kehamilan

Meskipun mitos tersebut dipercayai sebagai fakta, belakangan penelitian telah menemukan bahwa bercinta setiap hari dalam rentang masa subur akan meningkatkan peluang untuk hamil daripada bercinta dua hari sekali. Lebih sering kemungkinan hamil semakin tinggi.

7. Mengenakan celana longgar akan meningkatkan kesuburan 

Para ilmuwan belum dapat memastikan jawaban tentang pengaruh celana longgar dan celanan ketat terhadap kesuburan. Tetapi sebagian besar dari mereka cenderung berpikir bahwa pakaian dalam pria tidak mengganggu upaya untuk memiliki bayi, meskipun ada baiknya menjaga buah zakar tetap sejuk dan memberikan ruang untuk bernapas.

8. Posisi suami di atas saat bercinta merupakan cara terbaik bagi sel sperma untuk mencapai sel telur

Lendir mulut rahim yang menjadi encer dan elastis dalam masa subur adalah sarana yang sempurna untuk membantu sel sperma berenang menyusuri vagina, mulut rahim, rahim hingga ke tuba falopi untuk menjumpai sel telur yang telah menantinya. Selama sperma dapat bergerak secara normal maka sel sperma dapat mencapai tujuannya dalam posisi apapun. Namun memang ada baiknya jika anda berbaring sebentar setelah berhubungan sehingga sel sperma tidak keluar

9. Pelumas akan memperlancar perjalanan sel sperma

Justru sebaliknya yang benar. Pelumas akan mengubah PH dalam vagina sehingga membuat sperma sulit bertahan hiduo.

10. Bercinta pada siang hari akan membuat anda lebih mudah untuk hamil

Sel sperma akan lebih tinggi pada pagi hari. Tetapi tak ada bukti yang menyatakan bahwa bercinta siang meningaktkan peluang kehamilan. Peluang kehamilan akan besar ketika sel telur dan sel sperma berada dalam kondisi bagus dimana membutuhkan kesehatan prima bagi suami maupun istri.

Sebaiknya Jangan Percaya Mitos-Mitos Seputar Kehamilan tersebut.Saat mencari informasi kehamilan carilah informasi dari sumber terpercaya seperti buku, Koran, majalah atau media yang memang khusus mengulas tentang ibu hamil.

Sumber Informasi Lengkap silakan buka di :

Informasi Terkait Lainnya :

Permohonan Penulis 

Jika kamu mendapatkan banyak informasi berharga dari artikel ini, tolong bantu like, tweet atau share ya dengan tombol yang ada di samping. Indahnya jika bisa berbagi informasi bermanfaat. Terima kasih

Leave a Reply

%d bloggers like this: