Apakah Nutrisi Yang Diperlukan Untuk Perkembangan Janin ? | Jual Produk Tiens Syariah

Apakah Nutrisi Yang Diperlukan Untuk Perkembangan Janin ?

Home » Nutrisi Ibu Hamil » Apakah Nutrisi Yang Diperlukan Untuk Perkembangan Janin ?
nutrisi untuk perkembangan janin

Semakin bertambah usia kehamilan maka akan bertambah pula kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil, terutama ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua. Pada usia ini, janin tumbuh lebih cepat, terutama pertumbuhan otak berikut susunan syaraf. Kenaikan berat badan ideal, antara sebelum hamil dan mendekati persalinan adalah sekitar 12-15 kilogram.

Banyak ibu bertanya Nutrisi apakahyang diperlukan untuk perkembangan janin? berikut ulasannya:

Nutrisi Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

# Nutrisi Pertumbuhan Janin 1 : Asam Folat

pada janin dibutuhkan untuk membangun sel dan sistem syaraf. Saat trimester pertama janin akan membutuhkan 400 mikrogram asam folat per hari. Dan apabila tidak terpenuhi, akan membuat perkembangan janin tidak sempurna(anenchephaly (tanpa batok kepala), bibir sumbing dan menderita spina bifda / kondisi dimana tulang belakang tidak tersambung. Kandungan Asam folat bisa diperoleh dari buah-buahan, beras merah dan beragam sayuran hijau.

Untuk memudahkan anda dalam mencukupi  kebutuhan asam folat, berikut kami berikan gambar aneka makanan yang kaya akan asam folat. kami mengutip gambar ini dari www.ExhibitHealth.com

Nutrisi Untuk Pertumbuhan Janin

Kandungan Makanan Yang Kaya Akan Asam Folat

# Nutrisi Pertumbuhan Janin 2 : Kalsium

Berfungsi untuk pembentukan gigi dan tulang janin di dalam kandungan dan mencegah osteoporosis pada ibu hamil. Sumber Zat kalsium diantaranya adalah Susu dan produk olahan susu lainnya. Kalsium memiliki peranan yang sangat vital pada ibu hamil maupun janin. Kekurangan kalsium pada ibu hamil mengakibatkan osteoporosis dikemudian hari. Jumlah kalsium pada ibu hamil yang diperlukan adalah 1200 mg calsium per hari.

Pada janin, kekurangan kalsium akan mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan ketika anak anak nantinya. Anak anak yang kekurangan kalsium sedari dalam kandungan biasanya akan memiliki kualitas tulang yang tidak bagus sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi anak.

Untuk memudahkan anda dalam memenuhi asupan kalsium, beriku adalah daftar makanan yang kaya akan kalsium.

Nutrisi Perkembangan Janin

Daftar Makanan Kaya Kalsium

# Nutrisi Pertumbuhan Janin 3 : Protein

pada ibu hamil berfungsi untuk sumber kalori dan zat pembangun, pembentukan darah dan sel. Ibu hamil membutuhkan sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari kondisi sebelum hamil. Zat protein dapat diperoleh dari tempe, tahu, kacang-kacangan, putih telur dan daging.

# Nutrisi Pertumbuhan Janin 4 : Zat Besi

pada ibu hamil berfungsi untuk membentuk sel darah merah (hemoglobin) dan mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Zat besi yang dibutuhkan ibu hamil setelah usia kehamilan 20 minggu sebanyak 30 mg per harinya, dan dapat diperoleh pada hati, ikan atau daging.

Nutrisi apakahyang diperlukan untuk perkembangan janin? Nutrisi diatas harus dipenuhi, karenaapabila tidak terpenuhi akan menimbulkan gejala ringan seperti anemia, gusi berdarah dan gejala tidak enak badan yang lainnya.

Informasi Terkait Lainnya :

Permohonan Penulis :

Jika anda mendapatkan informasi  berharga dari artikel ” Apakah Nutrisi Yang Diperlukan Untuk Perkembangan Janin ? ” ini, maka tolong bantu share, like atau tweet ya dengan tombol yang ada disamping artikel ini. Terima kasih

Leave a Reply

%d bloggers like this: