Pengertian Penyakit Batu Ginjal Dan Penyebabnya | Definisi Batu Ginjal | Pengertian Batu Ginjal | Penjelasan Batu Ginjal | Jual Produk Tiens Syariah

Pengertian Penyakit Batu Ginjal Dan Penyebabnya

Home » Info Seputar Penyakit Ginjal » Pengertian Penyakit Batu Ginjal Dan Penyebabnya
Pengertian Batu Ginjal Dan Penyebabnya

Pengertian Batu Ginjal Dan Penyebabnya, Penyakit batu ginjal merupakan salah satu gangguan urologis yang sangat menyakitkan, serta lazim terjadi pada sebagian besar orang. Setiap tahun, lebih dari satu juta kasus batu ginjal didiagnosis dengan perkiraan sepuluh persen orang menderita batu ginjal pada beberapa fase dalam hidupnya. Pembentukan batu pada ginjal meupun daerah saluran kencing, merupakan gangguan penyakit yang cukup sering dialami oleh masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan batu ginjal? Batu ginjal merupakan potongan-potongan bahan padat yang terbentuk ketika zat larut pada urine memiliki konsentrasi sangat tinggi. Bahan padat tersebut umumnya terbentuk dari oksalat, kalsium, dan fosfat. Pada awalnya, batu ginjal mungkin hanya berukuran beberapa millimeter atau beberapa butiran pasir. Namun, jika dibiarkan batu ginjal lama kelamaan akan berbentuk seukuran batu kecil. Kasus batu ginjal sering terjadi pada pria. Namun, dewasa ini data statistic menunjukan bahwa kasus batu ginjal lebih banyak terjadi pada wanita dan anak-anak.

Batu pada ginjal dapat terbentuk dari berbagai senyawa yang terkandung dalam makanan sehari-hari, terutama makanan yang mengandung senyawa oksalat. Dalam keadaan tertentu, senyawa oksalat dapat berbentuk larutan sehingga dapat dikeluarkan oleh tubuh melalui air kemih.  Namun, dalam kondisi lain senyawa tersebut juga dapat bereaksi denganion kalsium ( kapur ) sehingga membentuk kalsium oksalat yang sulit larut dan cenderung membentuk Kristal. Kristal ini semakin lama akan semakin besar sehingga membentuk gumpalan batu. Batu pada ginjal tersebut akan mengganggu fungsi pada ginjal maupun saluran kencing.

Batu ginjal terletak didalamsaluran kemih, sehingga berhubungan langsung dengan saluran kandung kemih serta tempat pembuangan air seni. Batu ginjal yang terletak didalam saluran kemih ( Kalkulus Uriner ) merupakan bahan keras yang berbentuk seperti batu, letak disamping saluran kemih, serta dapa menyebabkan rasa nyeri, pendarahan, penyempitan aliran kemih, bahkan infeksi, bat ginjal tersebut dat terbentuk baik di dalam ginjal maupun di dalam kantung kemih ( disebut sebagai batu kandung kemih ).

Proses pembentukan batu ginjal disebut urolithiasis. Terbentuknya batu ginjal disebabkan oleh adanya peningkatan bakteri pada saluran kandung kemih, yang terinfeksi oleh bakteri pemecah urea dan urine. Keadaan ini kemudian akan membentuk batu pada kandung kemih. Komponen penyusun batu ginjal terdiri dari 80 persen batu kalsium, kemudian sisanya yaitu kalsum oksalat dan kalsium fosfat. Kekurangan cairan pada tubuh juga akan meningkatkan kepekaan urine sehingga mempermudah pembentukan batu ginjal. Bagian tubuh yang sering mengalami efek dari gangguan batu ginjal adalah perut, dengan keluhan rasa nyeri yang berat dan tidak nyaman, serta pada panggul atau selangkangan. Demikian Artikel Mengenai Pengertian Batu Ginjal Dan Penyebabnya.

Dari Tiens, untuk menjaga kesehtan ginjal kami menyarankan untuk konsumsi muncord capsules. Muncord atau Cordycep Mycellium berasa hambar bersifat hangat, berfungsi sama seperti gingseng, meningkatkan energy baik untuk paru-paru maupun ginjal.

Pengertian Batu Ginjal Dan Penyebabnya

Muncord Capsules, Berkhasiat untuk memperbaiki, menyehatkan, mengembalikan fungsi organ ginjal, dan membantu mengeluarkan batu ginjal. Bagi anda yang memiliki gangguan pada ginjal kami sangat sarankan untuk menggunakan produk ini.

Informasi Detail Tentang Muncord Capsules Tiens :

Informasi Seputar Ginjal lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: