Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasi | Jual Produk Tiens Syariah

Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasi

Home » Info Anemia » Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasi
penyebab anemia pada ibu hamil dan cara mengatasi

Apakah Penyebab Anemia pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya ? Sebagaimana diketahui banyak orang, anemia atau kurang darah rentan terjadi pada wanita yang sedang hamil. Hal ini karena pada saat hamil, darah sang ibu juga digunakan untuk mendukung pertumbuhan janin yang dikandungnya. Sehingga, jika nutrisi ibu hamil tidak mencukupi yang dibutuhkan selama masa kehamilan, maka akan terjadi anemia. Di lain pihak, pada saat hamil, ibu hamil rentan mengalami mual, muntah, atau biasa disebut morning sickness. Hal ini menyebabkan asupan nutrisi untuk ibu hamil menjadi berkurang. Sehingga, resiko menderita anemia menjadi semakin besar.

Anemia pada konsepnya secara umum diakibatkan oleh kurangnya zat besi, vitamin, dan zat-zat lainnya. Pada ibu hamil, kasus anemia yang terjadi biasanya diakibatkan oleh kurangnya zat besi, vitamin B12, dan atau folat.
Kasus anemia pada ibu hamil karena kekurangan zat besi biasanya terjadi pada trisemester pertama sampai ketiga kehamilan. Kekurangan zat besi menyebabkan hemoglobin berkurang. Sementara, hemoglobin adalah protein pada sel darah merah yang membawa oksigen dalam tubuh. Sehingga, tubuh ibu hamil menjadi sering mengalami sesak napas dan terjadi gangguan pada jantungnya.

Ketika sedang hamil, ibu hamil kekurangan asupan vitamin B12 karena sering mengalami mual muntah dan nafsu makan berkurang. Vitamin B12 berfungsi membentuk sel darah merah. Sehingga, kekurangan vitamin B12 menyebabkan kurangnya sel darah merah atau anemia.
Pada kasus anemia yang disebabkan oleh kurangnya folat, ibu hamil mengalami kekurangan vitamin B. Vitamin B berfungsi memproduksi sel-sel tubuh yang baru, diantaranya sel darah merah.

Selain kasus-kasus anemia yang umum terjadi pada ibu hamil, ada juga kasus-kasus anemia yang tidak umum, yaitu :

  1. Anemia Hemolitik Anemia Hemolitik terjadi karena sel darah merah hancur lebih cepat daripada proses pembentukannya. Kasus ini sangat jarang ditemui. Apabila ini terjadi, maka harus dilakukan tranfusi darah segera pada ibu hamil agar janin tidak kekurangan oksigen.
  2.  Anemia Hipoplastik. Anemia Hipoplastik terjadi karena sinar rontgen, obat-obatan, dan racun. Akibatnya, sumsum tulang tidak dapat membuat sel-sel baru. Untuk itu, harus dilakukan tranfusi darah berulang kali agar anemia teratasi dan kondisi ibu hamil dan janinnya membaik.

Pada kasus-kasus anemia yang umum, cara mengatasinya cukup sederhana namun sangat perlu diterapkan segera agar kondisi ibu hamil dan janin sehat. Apa saja?

Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil Secara Aman

  • Kontrol/memeriksakan darah ke Laboratorium Kesehatan, lalu berkonsultasi dengan dokter dan bidan untuk mengetahui dan melakukan cara terbaik dan tepat mengatasi anemia yang sedang dialami.
  • Rutin banyak mengkonsumsi sayuran, terutama sayuran berdaun hijau. Sayuran hijau kaya akan zat besi dan asam folat.
  • Mengkonsumsi Buah Pisang. Pisang kaya akan potasium yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pisang juga kaya akan kalsium dan asam folat yang bermanfaat mengatasi anemia atau kurang darah. Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan rutin mengkonsumsi buah pisang secara rutin setiap hari.
  • Mengkonsumsi Sari Kurma sebagai Makanan “Super”. Sari kurma dikenal sebagai pendongkrak energi terbaik bagi wanita yang sedang hamil, melahirkan, maupun menyusui. Glukosa pada kurma dapat memberi energi yang besar dalam waktu yang cukup singkat. Sari kurma juga mengandung zat besi dan vitamin-vitamin yang dapat mengatasi anemia. Selain itu, sari kurma juga dikenal dapat menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin.
  • Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti daging merah, unggas, ikan, sayuran berwarna hijau gelap, kacang-kacangan, dan telur.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti daging, susu, dan telur. Ibu hamil dianjurkan minum susu secara teratur pada siang dan malam hari.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi seperti sereal, sayuran hijau, roti, salmon, kacang.
  • Lebih banyak mengkonsumi makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi. Vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan seperti jeruk, tomat, strawberry, mangga, kiwi, dan sebagainya.
  • Periksakan darah secara rutin untuk mengetahui kadar hemoglobin, hematokrit, dsb. Sehingga apabila terdeteksi kadar hemoglobin dan hematokrit kurang, dapat segera dilakukan penanganan untuk mengatasinya sejak dini.
  • Konsumsi Suplemen dan Multivitamin yang cocok dengan kondisi ibu hamil atau sesuai resep dokter, jika memang diperlukan.
  • Pada intinya, jika anemia terjadi, jangan biarkan keadaan berlarut-larut. Segera lakukan tindakan penanganan yang tepat dan benar. Ibu hamil hendaknya rajin menjaga kesehatan, sehingga ibu dan janin tetap sehat. Perbanyaklah makan buah-buahan dan sayur-sayuran serta makanan bergizi lainnya. Ibu hamil juga dianjurkan menjauhkan diri dari stress dan tetap rileks, agar mood dan semangat tetap stabil. Bagaimanapun, keadaan fisik dan mental saling berkaitan satu sama lain.

Untuk membantu mengatasi kekurangan dara atau Anemia pada ibu hamil, dari Tiens kami menyarankan untuk konsumsi produk zinc capsules. Zinc capsules kaya akan zat besi yang bersumber dari bahan alami dan sangat bagus untuk penderita anemia.

Seperti yang kita ketahui, anemia atau kekurangan darah penyebab utamanya adalah kekurangan zat besi. Oleh sebab itu, agar penyakit ini tidak kambuh lagi maka tubuh memerlukan asupan nutrisi zinc capsules dari Tiens. Zat besi pada ibu hamil juga mutlak diperlukan utk perkembangan janin agar dapat tumbuh optimal.

Produk zinc capsules dari Tiens telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan Halal MUI. Produk ini bukan obat melainkan suplemen dan tidak memiliki efek samping karena terbuat dari bahan alami. Untuk info lebih detail silakan hubungi kami di 08-1950-1950-2 atau Line: @JualProdukTiensCom.

10 Cara Cepat Mengatasi Anemia Secara Alami

Informasi lainnya tentang anemia :

Terima kasi telah membaca artikel Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasi. Tolong bantu Like dan Share pada tombol disamping jika anda merasa informasi ini bermanfaat. Terima kasih

Leave a Reply

%d bloggers like this: