Penyebab Anemia Saat Haid dan Cara Mengatasinya | Jual Produk Tiens Syariah

Penyebab Anemia Saat Haid, Gejala dan Cara Mengatasinya

Home » Info Anemia » Penyebab Anemia Saat Haid, Gejala dan Cara Mengatasinya
Penyebab Anemia Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Kenapa Anemia terjadi Saat Haid ? Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Anemia adalah penyakit kekurangan darah dimana sel darah kurang dari normal atau kualitas sel darah merah berkurang (kadar hemoglobin (Hb) kurang). Kadar hemoglobin yang kurang akan berpengaruh pada warna merah darah. Oleh karena itu, penderita anemia biasanya tampak pucat. Hemoglobin berperan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Sehingga jika kadar hemoglobin dalam darah kurang, maka fungsi organ tubuh akan terganggu.

Anemia rentan menyerang wanita karena banyak penyebab anemia yang dialami kaum wanita, misalnya hamil, melahirkan, dan menstruasi/haid. Kenapa anemia terjadi saat haid? Pada saat haid, wanita mengeluarkan darah kotor dalam volume yang cukup banyak. Volume darah kotor yang dikeluarkan wanita haid yang satu dengan yang lainnya bisa berbeda-beda. Semakin banyak darah kotor yang dikeluarkan, semakin banyak pula wanita tersebut kehilangan zat besi. Zat besi dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi menyebabkan produksi sel darah berkurang atau anemia.

Bagi wanita yang sedang haid, waspadalah jika mengalami gejala anemia sebagai berikut.

Gejala Anemia Saat Haid :

  • Sakit Kepala
  • ┬áMudah Lelah
  • Lesu dan Lemas
  • Pucat
  • Konsentrasi berkurang
  • Susah tidur
  • Susah bernapas, terutama saat beraktivitas fisik yang agak berat.
  • Jantung berdebar-debar atau detak jantung tidak teratur
  • Kesemutan
  • Merasa kedinginan, terutama pada bagian kaki.

Jika kesepuluh gejala di atas mulai dirasakan pada saat haid, maka kemungkinan besar anda mengalami anemia. Jika tidak ditangani segera, maka keadaan tersebut bisa berlarut-larut dan dapat mengundang efek yang cukup membahayakan. Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasinya tergantung dari apakah kondisi anemia yang dialami termasuk ringan atau berat. Jika anemia karena haid sudah termasuk berat, misalnya pusing berat hingga pingsan/hampir pingsan, nyeri hebat, dan sangat lemas, maka sangat perlu untuk berkonsultasi ke dokter segera. Biasanya, dokter akan meresepkan multivitamin dan suplemen zat besi agar kadar sel darah merah terdongkrak kembali.

Jika anemia tergolong sedang dan ringan, maka anemia akibat menstruasi bisa diatasi dengan cara-cara sederhana seperti berikut.

10 Cara Mengatasi Anemia Saat Haid

# 1.Beristirahat jika kondisi sudah mulai lemas atau pusing yang menganggu.

# 2.Memperbanyak asupan makanan-makanan sehat yang mengandung atau kaya akan zat besi. Makanan yang merupakan sumber zat besi tersebut contohnya :
a. Hati Ayam
b. Sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, brokoli, daun pepaya, daun singkong, kangkung, dan lain-lain.
c. Daging sapi dan daging kambing tanpa lemak atau daging merah
d. Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, dan kacang hijau.
e. Seafood seperti ikan, kerang, dan sebagainya.
f. Olahan kedelai, seperti tahu dan tempe.
g. Buah-buahan, dan lain-lain.

# 3.Hindari atau kurangi konsumsi teh, kopi, atau minuman berkafein lainnya. Kafein dapat menghambat penyerapan zat besi karena kafein bersifat mengikat zat besi.

# 4.Menambah asupan vitamin C karena vitamin C membantu penyerapan zat besi. Makanan yang mengandung vitamin C biasanya adalah buah-buahan dan sayuran, seperti jeruk, jambu biji, kiwi, apel, cabai, wortel, stroberi, kubis, pepaya, dan sebagainya.

# 5.Rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Vitamin B12 adalah salah satu vitamin dalam kelompok vitamin B Kompleks. Vitamin B12 bermanfaat dalam proses pembentukan sel darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi vitamin B12 dapat membantu mengatasi anemia. Makanan yang merupakan sumber vitamin B12 contohnya seperti telur, tiram, ikan herring, keju, kepiting, lobster, daging, kalkun, whey, tempe, dan lain-lain.

# 6.Menambah mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Mengapa asam folat? Asam folat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Menambah asupan makanan sumber asam folat dapat menambah jumlah sel darah merah dan mengatasi anemia akibat haid. Contoh makanan yang merupakan sumber asam folat adalah kacang-kacangan, sayuran hijau (brokoli, bayam, asparagus, dsb), alpukat, kecambah, biji-bijian, bit, labu, jagung, dan sebagainya.

# 7.Selama anemia, sebaiknya hindari dulu mengkonsumsi tanin (terkandung pada teh, polifenol (terkandung dalam kopi), fitat (terdapat pada sereal, gandum, dsb), serta kalsium dan fosfat yang biasa terdapat pada susu. Kesemua zat tersebut berpotensi menyerap zat besi yang sudah masuk ke dalam tubuh. Sehingga, memgkonsumsinya dapat memperparah kondisi kekurangan darah.

# 8.Lakukan olahraga ringan secara teratur dan pastikan mendapat kecukupan tidur 8 jam/harinya.

# 9.Mencoba resep tradisional alami seperti mengkonsumsi daun bawang, untuk mengobati anemia. Daun bawang dikenal mengandung zat besi yang cukup tinggi. Selain itu, terdapat sejenis protein pada daun bawang yang mampu menyalurkan zat besi ke seluruh tubuh.Cara membuatnya adalah mencampur rebusan daun bawang dengan kuning telur. Campuran kedua bahan tersebut kemudian rutin dikonsumsi 2 kali sehari sampai anemia teratasi/sehat kembali.

# 10.Konsumsi suplemen zinc capsules yang kaya akan zat besi dari Tiens.

Untuk membantu mengatasi Anemia, dari Tiens kami menyarankan untuk konsumsi produk zinc capsules. Zinc capsules kaya akan zat besi yang bersumber dari bahan alami dan sangat bagus untuk penderita anemia. Seperti yang kita ketahui, anemia atau kekurangan darah penyebab utamanya adalah kekurangan zat besi. Oleh sebab itu, agar penyakit ini tidak kambuh lagi maka tubuh memerlukan asupan nutrisi zinc capsules dari Tiens. Produk zinc capsules dari Tiens telah mendapatkan sertifikasi BPOM RI dan Halal MUI. Produk ini bukan obat melainkan suplemen dan tidak memiliki efek samping karena terbuat dari bahan alami. Untuk info lebih detail silakan hubungi kami di 08-1950-1950-2 atau Line: @JualProdukTiensCom.

Penyebab anemia, gejala dan cara mengatasi saat haid

Informasi lainnya tentang anemia :

Pada intinya, menjaga asupan makanan bergizi dan menjalankan pola hidup sehat akan membuat kita terhindar dari penyakit dan mempercepat pemulihan kesehatan ketika terlanjur terserang penyakit.

Leave a Reply

%d bloggers like this: