Kenapa Keputihan Gatal ? Apa Penyebab nya ? | Jual Produk Tiens Syariah

Kenapa Keputihan Gatal ? Apa Penyebab nya ?

Home » Keputihan » Kenapa Keputihan Gatal ? Apa Penyebab nya ?
Kenapa Keputihan Gatal dan Apa Penyebab nya

Keputihan merupakan penyakit yang umum diderita wanita dewasa, yang sedang mengandung maupun tidak. Hampir 90% dari wanita pernah menderita gangguan organ kewanitaan ini. Walaupun tidak menyebabkan gangguan kesehatan serius, penanganan yang tepat harus dilakukan agar keputihan tidak bertambah parah. apalagi jika keputihan yang diderita adalah jenis keputihan yang gatal.

Langkah pertama dalam mengobati penyakit ini adalah mengetahui Penyebab Keputihan Gatal. Berikut Penyebab Keputihan Gatal

Penyebab Keputihan Gatal :

# Bakteri dan Jamur

Keputihan umumnya disebabkan oleh jamur yang bernama Candida Albicans. Jamur ini menimbulkan rasa gatal di sekitar daerah kewanitaan. Selain jamur, bakteri juga menjadi pemicu keputihan. Bakteri ini adalah gardnerella. Serangan bakteri ini menyebabkan rasa gatal dan panas pada organ intim wanita. Keputihan yang diakibatkan oleh bakteri ini berwarna putih keruah agak keabu abuan, lengket serta bau amis seperti bau ikan.keputihan yang disebabkan bakteri ini bernama bacterial vaginosis.

# Virus dan parasit 

Keputihan yang disebabkan oleh virus biasanya bawaan dari penyakit kelamin seperti HIV, raja singa, ataupun akibat dari gonta ganti pasangan. Keputihan akibat parasit ini tidak terlalu gatal namun vagina tampak merah dan sakit/nyeri juga klo ditekan. Bila keputihan sangat banyak maka menimbulkan iritasi di lipat paha dan sekitar bibi genitalia.

Parasit lain yang menyebabkan keputihan dan rasa gatal adalah cacing kremi. Cacing kremi ini biasanya menyerang anak perempuan usia 2-8 tahun. Infeksi cacing kremi ini diakibatkan karena anak kecil suka bermain tanah. Cacing kremi menginfeksi dari lubagn dubur menuju ke alat genital. Serangan parasit cacing kremi menyebabkan rasa gatal sehingga anak sering menggaruknya.

# Tidak Menjaga Kebersihan

Anda juga harus mengetahui beberapa faktor timbulnya berbagai jamur dan bakteri di atas yang menjadi Penyebab Keputihan Gatal. Wanita yang kurang menjaga kebersihan sangat riskan untuk mengalami keputihan. Setelah buang air kecil atau air besar, biasakanlah membasuh organ kewanitaan dengan benar yaitu dari arah depan ke belakang agar bakteri maupun kotoran dari anus tidak terbawa dan masuk ke daerah vagina. Ketika menstruasi pastikan menggunakan pembalut berkualitas dan mengganti tepat pada waktunya. Atur kebersihan kelembapan organ intin saat haid agar tidak terjadi keputihan.

Kebiasaan menjaga kebersihan organ kewanitaan dapat mencegah datangnya Penyebab Keputihan Gatal.Penyebab Keputihan Gatal diatas dapat dijadikan inspirasi agar kita senantiasa menjaga kebersihan. Kebersihan dapat mencegah infeksi bakteri dan virus.

Informasi lainnya :

  • Keputihan saat hamil
  • Penyebab keputihan berwarna coklat atau kuning

Leave a Reply

%d bloggers like this: