Apakah Penyebab Utama Terjadinya Keputihan ? | Jual Produk Tiens Syariah

Apakah Penyebab Utama Terjadinya Keputihan ?

Home » Keputihan » Apakah Penyebab Utama Terjadinya Keputihan ?
penyebab utama keputihan

Keputihan atau yang sering dikenal dengan istilah Fluor Albus di kalangan medis merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar.

Keputihan normal mengandung lepasan jaringan vagina, jaringan leher rahim, lendir endoserviks dan bakteri yang baik terutama golongan lactobacillus. Sekret vagina ini adalah sesuatu yang alamiah untuk membersihkan diri, sebagai pelicin dan pertahanan  dari berbagai infeksi. Siklus haid berpengaruh pada jumlah cairan yang keluar dari vagina. Pada fase pematangan telur (fase folikel) jumlah cairan yang keluar makin meningkat dan mencapai puncaknya pada saat ovulasi setelah itu kualitas cairan menjadi lebih kental.

Keputihan yang bukan merupakan keadaan penyakit (non-patologis) dapat saja terjadi pada setiap wanita. Biasanya cairan yang keluar bening, tidak berwarna, tidak berbau dan tidak gatal. Cairan keputihan ini jumlahnya bisa sedikit atau cukup banyak, terjadi menjelang dan sehabis menstruasi, pada saat terangsang secara seksual, atau ketika sedang stres.

Keputihan dapat pula dialami pada wanita yang sedang hamil, namun hal ini merupakan hal yang wajar selama tidak berlebihan. Permasalahan keputihan merupakan permasalahan klasik pada kebanyakan kaum wanita.Ironisnya kebanyakan wanita tidak mengetahui tentang keputihan dan penyebab keputihan pada wanita itu sendiri. Sebaiknya setiap wanita harus mengetahui Apakah Penyebab Utama Keputihan.

Penyebab utama keputihan pada organ intim wanita:

# Faktor kebersihan yang kurang baik.

Kebersihan di daerah vagina haruslah terjaga dengan baik. Jika daerah vagina tidak dijaga kebersihannya akan menimbulkan berbagai macam penyakit salah satunya keputihan. Hal ini menyebabkan kelembaban vagina mengalami peningkatan dan hal ini membuat penyebab infeksi berupa bakteri patogen akan sangat mudah untuk menyebarnya.

# Stress.

Keputihan adalah satu kondisi yang seringkali dialami oleh wanita. Ada banyak penyebab yang membuat keputihan itu muncul. Namun, biasanya keputihan ini tidak membuat khawatir wanita jika kondisinya masih normal dan tidak menimbulkan bau serta warna yang berbeda. Keputihan akibat stress sering terjadi pada anak remaja maupun wanita dewasa. Stres adalah pemicu dari berbagai kondisi yang tidak menyenangkan pada manusia.
Beberapa pengalaman puluhan tahun, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh anak-anak remaja putri yang banyak mempertanyakan masalah berkaitan dengan keputihan. Hal yang paling penting adalah keputihan merupakan kondisi normal bagi wanita baik dalam keseharian maupun dalam periode haid.

Semua organ tubuh kinerjanya di pengaruhi dan dikontrol oleh otak, maka ketika reseptor otak mengalami kondisi stress hal ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan dan keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh dan hal ini dapat menimbulkan terjadinya keputihan.

Bagaimana stress dapat menjadi salah satu jawaban dari pertanyaan Apakah Penyebab Utama keputihan? Contohnya begini, sebelum masa ovulasi atau masa pelepasan sel telur, ada banyak produksi mucus, 30 kali lebih banyak daripada setelah masa ovulasi. Mucus ini lebih berair dan lengket selama masa tersebut. Maka remaja dan wanita lebih baik memakai panty liner selama masa tersebut. Saat stres, mucus akan lebih banyak lagi diproduksi. Jadi keputihan akibat stres memang bisa terjadi.

# Penggunaan obat-obatan.

Penggunaan obat antibitok dalam jangka lama bisa menyebabkan sistem imunitas pada tubuh wanita, dan obat antibiotik biasanya dapat menimbulkan keputihan. Gangguan keseimbangan hormonal dapat juga disebabkan oleh penggunaan KB

# Keputihan yang disebabkan oleh jamur, parasit, bakteri dan virus

Keputihan yang bukan merupakan keadaan penyakit (non-patologis) dapat saja terjadi pada setiap wanita. Biasanya cairan yang keluar bening, tidak berwarna, tidak berbau dan tidak gatal. Cairan keputihan ini jumlahnya bisa sedikit atau cukup banyak, terjadi menjelang dan sehabis menstruasi, pada saat terangsang secara seksual, atau ketika sedang stres. Keputihan dapat pula dialami pada wanita yang sedang hamil, namun hal ini merupakan hal yang wajar selama tidak berlebihan.

Jika cairan yang keluar dari vagina sudah tidak bening, berwarna putih kekuningan, keabuan sampai kehijauan, kental, berbau seperti telur busuk atau anyir seperti ikan mentah, gatal dan jumlahnya lebih banyak, besar kemungkinan keputihan tersebut sudah tidak normal. Keputihan yang tidak normal biasanya terjadi karena infeksi jamur, parasit atau bakteri.

Organisme tersebut sangat mudah berkembang jika lingkungan di sekitar vagina lembab dan kotor. Apabila pH sekitar vagina berubah menjadi basa, akan menyuburkan pertumbuhan bakteri atau kuman seperti Candida, Trichomonas, E. coli, Staphylococcus, dan lain sebagainya. Keputihan abnormal (patologis) dapat terjadi karena kelelahan, stress, atau karena kuman-kuman penyebab infeksi yang menyebabkan keasaman daerah sekitar vagina terganggu.

Selain dari faktor-faktor yang umum penyebab keputihan yang dialami oleh para wanita, terdapat faktor lain yang sangat penting untuk para wanita ketahui mengenai parasit yang berperan dalam menyebabkan keputihan. Berikut parasit yang menjadi jawaban dari pertanyaan Apakah Penyebab Utama Keputihan?

# Jamur Monilia atau Candidas.

Bercirikan memiliki warna putih seperti susu, cairannya sangat kental, sangat berbau tidak seda dan menimbulkan rasa gatal pada sekitar daerah vagina. Hal ini dapat menyebabkan vagina mengalami radang dan kemerahan. Biasanya hal ini juga dipicu oleh adanya penyakit kencing manis, penggunaan pil KB, serta tubuh yang memiliki daya tahan rendah.

# Parasit Trichomonas Vaginalis

Parasit trichomonas terjadi dan ditularkan melalui hubungan seks, bibir kloset atau oleh perlengkapan mandi. Parasit ini memiliki ciri, cairan yang keluar sangat kental, memiliki warna kuning atau hijau, berbuih dan berbau anyir. Keputihan akibat parasit tidak menimbulkan gatal, tapi jika ditekan vagina akan terasa sakit

# Bakteri Gardnella

Keputihan akibat infeksi bakteri ini memiliki ciri berwarna keabuan, sedikit encer, memiliki bau ami dan berbuih. Keputihan jenis ini dapat menimbulkan rasa gatal yang sangat menggangu.

# Virus

Keputihan jenis ini timbul akibat penyakit kelamin, seperti HIV/AIDS, herpes dan conyloma. Timbulnya kutil-kutil yang banyak dan diikuti oleh cairan berbau menandakan adanya virus condyloma. Ibu hamil juga dapat terjangkit oleh virus ini. Virus yang dapat ditularkan oleh hubungan seks yaitu virus herpes. Cirinya adanya luka yang melepuh di sekitar lubang vagina, terasa panas dan menimbulkan rasa gatal. Kanker mulut rahim yang sangat berbahaya bagi kaum wanita dapat di picu oleh keputihan yang disebabkan oleh keputihan akibat virus.

# Benda Asing

Selain faktor-faktor di atas, Keputihan juga dapat disebabkan oleh benda-benda yang dimasukkan secara sengaja atau tidak ke dalam vagina misalnya tampon, obat atau alat kontrasepsi, rambut kemaluan serta benang (misal berasal dari selimut, celana dan lain-lain).

Ulasan tentang faktor-faktor Apakah Penyebab Utama Keputihan? diatas semoga menjadi suatu acuran agar para wanita dapat mencegah timbulnya keputihan yang menimbulkan ketidaknyamanan.

Informasi seputar keputihan lainnya :

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: