Siapakah Yang Berisiko Terkena Kanker Serviks ? | Jual Produk Tiens Syariah

Siapakah Yang Berisiko Terkena Kanker Serviks ?

Home » Kanker Serviks » Siapakah Yang Berisiko Terkena Kanker Serviks ?
Siapakah Yang Berisiko Terkena Kanker Serviks

Saat ini, kanker menjadi masalah kesehatan utama baik di dunia maupun di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, prevalensi tumor/kanker di Indonesia adalah 1,4 per 1000 penduduk, atau sekitar 330.000 orang. Kanker tertinggi di Indonesia pada perempuan adalah kanker payudara dan kanker serviks. Berdasarkan estimasi Globocan, International Agency for Research on Cancer (IARC) tahun 2012, insiden kanker serviks mencapai 17 per 100.000 perempuan. Lalu, Siapa Sajakah yang Berisiko Terkena Kanker Serviks?

Infeksi beberapa jenis virus papiloma manusia (HPV) merupakan faktor risiko terbesar untuk kanker serviks, diikuti oleh merokok. Faktor risiko lain termasuk human immunodeficiency virus (HIV). Ketika seorang perempuan terinfeksi HPV tipe 16 dan 18, sementara sistem imun tubuhnya tidak mampu membersihkan virus tersebut, maka sel-sel abnormal dapat berkembang di permukaan serviks. Inilah yang dapat memicu terjadinya kanker. Para perempuan yang melakukan aktivitas seksual terlalu dini termasuk kelompok yang berisiko menderita kanker serviks.

Siapa Sajakah yang Berisiko Terkena Kanker Serviks? Tidak semua wanita yang terinfeksi virus HPV akan mengalami kanker serviks karena tumbuhnya kanker serviks dipengaruhi juga oleh beberapa faktor lain. Wanita yang memiliki banyak pasangan seksual (atau yang berhubungan seks dengan laki-laki yang telah memiliki banyak pasangan lain) memiliki risiko lebih besar untuk terkena infeksi HPV. Faktor risiko lainnya seperti memulai aktivitas seksual sejak dini, multiparitas (telah menjalani banyak proses persalinan), intensitas merokok, penggunaan kontrasepsi hormonal, adanya riwayat penyakit menular seksual (seperti infeksi HPV, HIV), kondisi daya tahan tubuh yang kurang baik, riwayat keluarga dengan kanker serviks, serta faktor lainnnya.

Informasi terkait lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: