Siklus Haid Yang Normal Pada Wanita | Jual Produk Tiens Syariah

Siklus Haid Yang Normal Pada Wanita

Home » Keputihan » Siklus Haid Yang Normal Pada Wanita
siklus haid normal

Berapa lamakah siklus haid yang normal ?? Tentunya pertanyaan ini adalah hal yang lazim ditanyakan oleh kaum wanita. Bagi setiap wanita tentui informasi ini patut untuk ketahui. Hal ini dapat menjadi acuan nantinya ketika anda mengalami siklus haid.

Ketika anda mengalami menstruasi, anda tentunya akan memperhatikan banyak hal. Dimulai dari hal yang terkecil sampai hal yang besar. Beberapa hal yang patut untuk anda perhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Berapa lama anda mengalami menstruasi. Ini menjadi hal yang patut diperhartikan di dalam siklus haid yang normal. Ketika menstruasi terjadi peluruhan dinding rahim pada bagian dalam atau endometerium keluar melewati vagina. Proses ini tentu memakan waktu. Jadi anda perlu mencatat berapa lama anda mengalami proses ini.
  1. Adakah keluhan yang dirasakan ketika anda mengalami menstruasi. Ketika anda mengalami menstruasi, perhatikanlah apakah anda merasakan gangguan kesehatan seperti nyeri, atau sakit yang anda rasakan pada bagian perut. Pada siklus haid yang normal anda tentunya tidak akan merasakan hal-hal ini dengan berkelanjutan.

# Lalu pertanyaannya adalah, bagaimanakah seharusnya siklus haid yang normal ?? Berikut jawabannya :

  1. Siklus yang normal biasanya akan dimulai ketika wanita berusia sekitar 13 tahun. Pada usia ini, wanita biasanya telah mengalami siklus menstruasi. Pada umur awal dimulainya masa menstruasi, akan berbeda pada setiap wnaita. Ada diantara anda yang telah mengalami siklus ini bahkan sebelum atau setelah menginjak usia ini. Sehingga, faktor ini menjadikannya sebagai salah satu yang utama.
  1. Lama terjadinya menstruasi, dapat disebut normal apabila terjadi sekitar tiga sampai dengan tujuh hari. Lamanya terjadi proses menstruasi, anda dapat menggunakan kebiasan anda yang biasanya menggunakan ini sebagai salah satu acuan.
  1. Nyeri saat haid adalah hal yang normal. Tetapi jika anda nyeri berlebihan selama masa haid maka ini dapat dikatakan sebagai sesuatu yang tidak normal. Jika sakit berlebihan kemungkinan anda mengidap penyakit seperti amenorrhea, perimenopause atau menopause.
  1. Darah haid yang berlebihan juga menandakan bahwa ada ketidaknormalan dalam haid anda. Jika anda harus mengganti pembalut per satu dua jam sebaiknya anda mulai menghubungi dokter anda.

Lamanya siklus haid yang normal akan bergantung pada hormon anda. Ada diantara anda yang bahkan bisa menstruasi hingga 2 kali di dalam se bulan. Jika mengalami kasus ini sebaiknya anda  konsultasikan dengan dokter anda karna ini tidak normal.

Siklus menstruasi normal atau tidaknya, ternyata juga dipengaruh oleh beberapa faktor. Berikut adalah faktor penyebab siklus haid tidak normal :

  • Keadaan psikologis anda. Ketika anda mengalami pikiran yang tenang dan tidak banyak memikirkan sesuatu yang terlalu berat, anda tentunya akan memiliki siklus yang relatif normal. Ini akan menjadi hal yang berbeda apabila anda sedang mengalami stress. Tentunya siklus anda akan beralih, dan tentunya akan mempengaruhi keadaan anda secara kesuluruhan. Bukan hanya pada siklus, tetapi pada keadaaan menstruasi anda.
  • Konsumsi atau pola makanan. Pola makan yang anda konsumsi, tentunya akan berpengaruh ke dalam siklus haid yang normal. Ketika anda mengonsumsi, makanan yang sehat dan bergizi, anda akan memiliki siklus yang terjaga. Jika anda sering makan makanan berpengawet, junk food dan obat obatan kimia dalam jangka panjang maka siklus haid biasanya akan terganggu.

Oleh karenanya siklus haid yang normal merupakan hal utama yang patut anda jaga. Anda pun akan memiliki kesehatan yang terjaga. Jika anda merasakan ketidaknormalan pada siklus menstruasi anda maka segera hubungi dokter terdekat.

Informasi lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: