Solusi Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil | Jual Produk Tiens Syariah

Solusi Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Home » Nutrisi Ibu Hamil » Solusi Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil
Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Saya tidak pernah mengalami gangguan tidur sebelumnya, setelah hamil saya susah tidur pada malam hari serta tidak nyenyak, apa yang dapat saya lakukan ?

Jika anda harus berlari kecil ke kamar kecil pada tengah malam, memikirkan satu dan lain perosalan, menagalami nyeri ulu hati, merasa gerah sepanjang waktu akibat peningkatan laju metabolisme tubuh tidak mengherankan jika anda sulit tertidur nyenyak pada malam hari. Cobalaha beberapa tips berikut agar membuat diri anda lebih mudah terlelap

Tips Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil :

# Gerakkanlah tubuh pada siang hari

Tubuh yang giat bekerja pada siang hari akan lebih mudah tertidur pada malam hari. Tentu saja aktivitas fisik yang diperbolehkan hanya yang aman untuk ibu hamil. Anda bisa berolahraga ringan atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang ringan. Hindari mengerjakan olahraga atau kegiatan yang memiliki resiko cedera tinggi bagi ibu hamil. Untuk malam hari jangan terlalu banyak beraktivitas menjelang waktu tidur agar jam tidur anda tidak terganggu. Pusatkan aktivitas pada siang hari.

# Jernihkanlah pikiran

Jika anda sulit tertidur karena tengah dirundung masalah dikantor atau dirumah, curahkanlah beban pikiran anda kepada suami atau sahabat anda supaya beban pikiran ini tidak anda bawa saat tidur. Jika tidak ada orang yang dapat diajak berbagi, anda bisa membagikannya di blog anda atau buku harian anda. Menuangkan sebuah masalah kedalam tulisan atau secari kertas akan memberikan kesembuhan dan kadang memberikan inspirasi jalan keluar dari masalah yang anda hadapi. Menjelang waktu tidur, kosongkan pikiran anda. Selalu bayangkan sesuatu yang membahagiakan anda, isi dengan pikiran positif.

# Jangan tergesa gesa pada saat makan malam

Makan dengan perlahan lahan dan tenang akan mencegah nyeri ulu hati pada malam hari. Jangan langsung berbaring setelah makan malam karena perut yang kenyang dapat membuat anda terlalu bertenaga dan sangat tidak nyaman untuk tidur.

# Persiapkanlah segalanya sebelum tidur

Terlalu banyak makan sebelum tidur dapat mengganggu tidur demikian juga dengan terlalu sedikit makan. Makanlah camilan ringan sebagai bagian dari rutinitas waktu tidur agar anda tidak terbangun karena kelaparan pada tengah malam. Segelas susu hangat cukup efektif untuk mengantar anda tertidur. Anda akan memperoleh pengaruh yang sama dengan menggabungkan protein ringan dengan karbohidrat komplek; buah buahan dan keju, yoghurt dan kismis atau kue oatmeal dan susu

# Pelankan aliran

apabila desakan ke kamar kecil menghalangi anda untuk tidur nyenyak batasilah asupan cairan setelah pukul 6 sore. Minumlah saat haus tetapi jangan minum banyak tepat sebelum waktu tidur.

# Jangan merangsang diri anda dengan kafein berlebih

Hindarilah kefain pada sore dan malam hari sebab pengaruhnya membuat anda terjaga selama enam jam. Demikian juga dengan gula, karena gula akan mendongkrak energi anda justru pada saat anda ingin beristirahat.

# Buatlah rutinitas menjelang waktu tidur

Pilihlah kegiatan menyenangkan sebelum tidur. Anda dapat memilih kegiatan seperti membaca buku, mendengarkan musik yang lembut, melakukan peregangan yoga, memijat badan anda dengan bantuan suami atau bercinta dengannya. Kegiatan seperti ini sangat efektif dalam mendapatkan tidur berkualitas.

# Hadirkanlah kenyamanan

Gunakan banyak bantal apabila diperlukan. Gunakanlah bantal bantal itu untuk menopang tubuh anda. Mengganjal bagian tubuh tertentu atau sekadar menyamankan posisi anda. Semakin awal anda  belajar untuk tidur menyamping dengan nyaman ketika  hamil semakin mudah anda melakukannya dalam sepanjang sisa kehamilan anda. Pastikan kasur cukup nyaman. Tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas.

# Carilah udara

Sulit untuk tidur di ruang yang pengap. Jadi bukalah jendela atau nyalakanlah kipas angin atau penyejuk udara guna memperlancar sirkulasi udara. Jangan tidur dengan menutup kepala sebab anda akan menghirup lebih sedikit oksigen sehingga anda akan sakit kepala.

# Bertanyalah sebelum menelan

meskipun ada beberapa obat perangsang ngantuk yang aman untuk dikonsumsi sekali selama masa kehamilan tolong jangan digunakan sebelum mendapatkan izin dari dokter,Jika anda diizinkan untuk mengkonsumsi suplemen magnesium (atau suplemen kalsium dan magnesium) untuk mengatasi sembelit dan keram kaki, konsumsilah sebelum tidur karna magnesium memiliki kekuatan alami untuk menenangkan.

# Gunakanlah aroma yang membuat anda terlelap

Bantal dengan aroma lavender atau sebungkus lavender kering yang diselipkan diantara sarung bantal dapat memudahkan anda merasa relaks dan memudahkan anda untuk tidur. Jika anda suka aroma lain, gunakanlah aroma favorit anda untuk memudahkan anda tidur.

# Matikan HP Anda

Saat dikasur prioritaskan waktu anda hanya untuk tidur. Hindari membalas email, bbm, atau melihat social media lainnya. Smartphone merupakan salah satu penyebab orang lebih susah tidur dibanding biasanya saat ini.

# Tidurlah saat anda mengantuk atau pada jam biologis anda

Setiap orang memiliki jam biologis tertentu, dimana pada jam tersebut anda otomatis sangat mengantuk. Ketika ini terjadi, segeralah ke tempat tidur anda. Hal yang salah yang anda lakukan adalah melawan jam biologis anda, ketika jam biologis anda ini lewat maka anda akan lebih susah untuk tidur.

# Jangan menatap jam terlalu sering

Tidur untuk anda rasakan tidak untuk dihitung. Kebanyakan orang yang susah tidur melihat jam berkali kali sehingga semakin stress ketika menemukan jam semakin larut. Ketika stress anda alami anda akan makin sulit tidur.

# Jangan hanya sekedar berbaring

Jika tidur tidak kunjung datang, dengarkanlah musik, pijatlah diri anda, bacalah buku atau lakukan kegiatan menyenangnkan lainnya. Yang penting anda harus hindari stress ketika ini terjadi.

Itulah informasi tentang cara mengatasi susah tidur saat hamil. Selamat mencoba

Informasi seputar kehamilan lainnya :

Permohonan Penulis :

Jika kamu mendapatkan informasi berharga dari artikel ini tolong bantu like, share atau tweet ya lewat tombol yang ada disamping. Terima kasih. Indahnya berbagi

Leave a Reply

%d bloggers like this: