Tanda Tanda Gejala Kanker Serviks dan Cara Mencegah | Ciri Ciri Kanker Serviks | Jual Produk Tiens Syariah

Tanda Tanda Gejala Kanker Serviks dan Cara Mencegah | Ciri Ciri Kanker Serviks

Home » Kanker Serviks » Tanda Tanda Gejala Kanker Serviks dan Cara Mencegah | Ciri Ciri Kanker Serviks
Apakah Vaksin HPV bisa Cegah Kanker Serviks

# Tanda-Tanda dan Gejala Kanker Serviks ?

Kanker leher Rahim atau yang biasa disebut kanker serviks ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak lazim (abnormal). Tetapi sebelum sel-sel itu menjadi sel-sel kanker, terjadi beberapa perubahan yang alami oleh sel-sel tersebut. Perubahan sel-sel biasanya memakan waktu sampai bertahun-tahun. Selama jeda tersebut, pengobatan yang tepat akan segera menghentikan sel-sel yang abnormal sebelum berubah menjadi sel kanker.

Sel-sel yang abnormal dapat dideteksi kehadirannya dengan “pap smear test” . Semakin dini sel-sel abnormal terdeteksi, maka semakin rendahlah risiko seseorang menderita kanker leher rahim. Pap smear adalah suatu test yang aman, murah dan telah dipakai bertahun-tahun untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher Serviks. Pemeriksaan pap smear secara teratur sangat diperlukan wanita.

Tanda dan Gejala kanker serviks tidak selalu bisa terlihat dengan jelas. Ada kemungkinan gejala tidak akan muncul sama sekali. Sering kali, kemunculan gejala terjadi saat sudah memasuki stadium akhir. Melakukan pap smear secara rutin sangat penting untuk pencegahan kanker serviks.

Kanker serviks membutuhkan proses yang sangat panjang yaitu antara 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang pada mulanya dari sebuah infeksi. Oleh karena itu, saat tahap awal perkembangannya akan sulit untuk di deteksi. Oleh karena itu di sarankan para perempuan untuk melakukan test pap smear setidaknya 2 tahun sekali.

Berikut ini Tanda, ciri ciri dan Gejala Kanker Serviks :

  • Pendarahan Pada Vagina. Pada kebanyakan kasus, pendarahan pada vagina adalah gejala yang terlihat dari kanker serviks. Biasanya gejala pendarahan terjadi setelah berhubungan seks. Pendarahan juga tidak normal jika terjadi pada masa di luar waktu haiddan setelah masa menopause.
  • Cairan dari Vagina . Jika perubahan sel leher rahim berpotensi berubah menjadi kanker, gejala lain yang mungkin muncul adalah cairan yang keluar dari vagina dengan bau yang aneh.Rasa sakit saat melakukan hubungan seksual. Perubahan siklus menstruasi yang tidak diketahui penyebabnya.
  • Hematuria. Kanker pada stadium akhir akan menyebar ke luar dari leher rahim dan ke jaringan serta organ di sekitarnya. Pada tahapan ini, gejala yang terjadi akan berbeda.Terjadinya hematuria atau darah dalam urin. Selain itu juga dapat menyebabkan sulitnya buang air kecil karena penyumbatan ginjal atau ureter.
  • Nyeri. Pada tahap akhir kanker serviks terdapat tanda nyeri pada tulang dan rasa nyeri pada punggung dan samping punggung, ini disebabkan pembengkakan pada ginjal. Kondisi ini disebut sebagai hidronefrosis.  Saat berhubungan intim selaku merasakan sakit, bahkan sering diikuti adanya perdarahan.  Sering merasakan sakit pada daerah pinggul.
  • Pembengkakan pada kaki. Salah satu aktivitas virus HPV yang terlihat secara fisik adalah dengan terjadinya pembengkakan pada area seputar kaki.
  • Kelelahan. Rasa lelah memang merupakan suatu alarm bagi kita untuk beristirahat, namun apabila pada saat melakukan sedikit aktivitas, atau bahkan pada saat bersantai Anda merasa kelelahan, makan hal ini bisa saja merupakan tanda-tanda virus sudah mulai menggerogoti sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Mengalami keputihan yang tidak normal disertai dengan perdarahan dan jumlahnya berlebih.
  • Mengalami sakit saat buang air kecil
  • Pada saat menstruasi, darah yang keluar dalam jumlah banyak dan berlebih
  • Saat perempuan mengalami stadium lanjut akan mengalami rasa sakit pada bagian paha atau salah satu paha mengalami bengkak, nafsu makan menjadi sangat berkurang, berat badan tidak stabil, susah untuk buang air kecil, mengalami perdarahan spontan

# Cara Mencegah Kanker Serviks

Upaya pencegahan kanker serviks dengan vaksinasi. Vaksin yang diberi nama Gardasil ini efektif mencegah infeksi HPV tipe 6 dan 11 yang menyebabkan hamper 90% dari semua jenis kanker leher Rahim. Selain itu, dengan menstabilkan asupan vitamin C yang bermanfaat untuk memperbaiki dan memperkuat mukosa, material dalam leher Rahim serta memperbanyak makan sayur-sayuran, maka Anda akan jauh dari kanker serviks.

Bagi para wanita mulailah untuk pola hidup sehat dan jangan takut untuk melakukan pengecekan secara berkala untuk menghindari kanker serviks ini. Berikut adalah infographic yang sangat bagus untuk anda renungkan tentang kanker serviks.

gejala, ciri ciri dan tanda tanda  kanker serviks

Informasi lainnya :

Leave a Reply

%d bloggers like this: