Virus HPV Penyebab Utama Kanker Serviks, Bagaimana Cara Menular nya ? | Jual Produk Tiens Syariah

Virus HPV Penyebab Utama Kanker Serviks, Bagaimana Cara Menular nya ?

Home » Kanker Serviks » Virus HPV Penyebab Utama Kanker Serviks, Bagaimana Cara Menular nya ?
Virus HPV Penyebab Utama Kanker Serviks, Bagaimana Cara Menular nya ?

Kanker serviks adalah tumor ganas yang timbul di leher rahim tersebut. Setiap tahun diperkirakan sekitar 15,000 kasus kanker serviks ditemukan di Indonesia. Penyebab pasti kanker serviks belum diketahui dengan pasti. Namun data statistik menunjukkan adanya kaitan erat dengan infeksi oleh virus HPV (Human papilloma virus), khususnya HPV tipe 16 dan tipe 18. Bagaimana virus HPV bisa menyerang/menular ke tubuh? Berikut ulasannya

Terinfeksi Human Papilloma Viruses (HPV) merupakan sebab paling umum atau faktor utama terjadinya kanker serviks. Virus-virus ini ditularkan melalui hubungan seksual, baik oral maupun anal.

Setiap wanita yang aktif secara seksual memiliki resiko terkena kanker serviks. Akan tetapi wanita dengan partner seks lebih dari satu memiliki resiko yang lebih besar. Wanita yang melakukan hubungan seks tanpa pelindung sebelum umur 16 tahun memiliki tingkat resiko tertinggi. Virus HPV menyerang sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana virus HPV bisa menyerang/menular ke tubuh? Virus HPV dapat tinggal dalam serviks bertahun-tahun lamanya, mengubah susunan genetik sel serviks, yang mengubahnya menjadi dysplasia (pertumbuhan sel abnormal). Seiring dengan waktu, bila tidak dilakukan tindakan, dysplasia yang semakin parah dapat dan akan berkembang menjadi kanker serviks yang bersifat invasif.

Pencegahan tertularnya infeksi virus HPV bisa dengan tridak berganti-ganti pasangan dalam hubungan seksual. Berganti-ganti pasangan dapat memperbesar resiko tertularnya infeksi virus HPV ini.

Leave a Reply

%d bloggers like this: